Begini Respon Jaksa KPK Atas Vonis Kasus Korupsi Nurdin Abdullah

Begini Respon Jaksa KPK Atas Vonis Kasus Korupsi Nurdin Abdullah

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Makassar, PANRITA.News – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku menghormati putusan majelis hakim yang memvonis eks Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, lima tahun penjara.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri merespon hasil persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Makassar pada Senin (29/11/2021).

“Tentu kami hormati putusan majelis hakim dimaksud,” ungkapnya, Selasa (30/11/2021).

Dia mengatakan, Jaksa KPK memiliki waktu tujuh hari untuk pikir-pikir untuk menerima putusan tersebut atau mengajukan banding, setelah putusan dibacakan.

Tentunya, Jaksa KPK akan terlebih dahulu mempelajari secara utuh seluruh pertimbangan majelis hakim.

“Kemudian setelahnya kami segera tentukan sikap atas putusan dimaksud,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, terdakwa Nurdin Abdullah divonis lima tahun dan denda Rp 500 juta serta pencabutan hak politik 3 tahun terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Sulawesi Selatan.

Hakim dalam persidangan memutuskanNurdin Abdullah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan korupsi sehingga harus dihukum pidana dan perdata. Hal tersebut agar menjadi contoh bagi masyarakat supaya tidak melakukan hal serupa.

Vonis lima tahun penjara Nurdin Abdullah lebih rendah dari tuntutan Jaksa KPK enam tahun dan denda sebesar Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Tinggalkan Komentar