Deklarasi, 2 Paslon Sepakat Pilkada Damai di Bontang

Deklarasi, 2 Paslon Sepakat Pilkada Damai di Bontang.

Bontang, PANRITA.News – Disaksikan Sejumlah forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Tokoh Masyarakat Bontang, dua pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang membcakan ikrar pilkada Damai dan melakukan penandatanganan surat pernyataan.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang digelar di Pelataran Kantor KPU Bontang, Jalan Awang Long, Bontang Baru Rabu (02/12/2020).

Pjs Wali kota Bontang Riza Indra Riadi dalam sambutannya menyebutkan poin penting terciptanya pilkada aman damai dan sejuk merupakan tanggung jawab bersama.

“Sebagaimana tujuan dilaksanakannya deklrasi dan doa pada hari ini, merupakan tanggung jawab kita bersama, baik penyelenggara pemilu, kandidat walikota dan wakil walikota, pemilih dan pemerintah, memiliki peran yang sangat penting,” jelas dia.

Lebih khusus kepada penyelenggara pemilu, Riza Indra Riadi mengingatkan untuk professional dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab guna sukses dan lancarnya tahapan pemilu, harus mengedepankan keadilan, kejujuran, kebersihan dan transparansi.

“KPU dan bawaslu harus menjadi wasit yang tegas dalam menegakkan aturan, mari kita jadikan pemilu ini sebagai pesta demokrasi yang hakiki, yang menggembirakan, memberikan pendidikan politik kontruksif bagi masyarakat,” lanjutnya.

Sementara ketua KPU Bontang Erwin yang ditemui awak media mengatakan jika penyelenggaraan deklarasi damai tidak termasuk dalam tahapan pilkada namun, menjadi hajatan yang sama pentingnya guna menciptakan pilkada serentak 2020 di bontang bisa berjalan damai dan sejuk sebelum memasuki minggu tenang.

“Iya ini tidak masuk dalam tahapan pilkada, tapi sama pentingnya untuk mengupayakan bagaimana pilkada bontang 2020 berjalan damai,” ungkapnya.

Kontestasi pilkada serentak 2020 khusus untuk Provinsi Kalimantan Timur diikuti 9 kabupaten/Kota, Kabupaten Panajam paser utara menjadi satu satunya yang tidak ikut pilkada 2020,

Di kota bontang sebanyak 121.694 pemilih akan menetukan Hak pilihnya tanggal 9 Desember 2020 mendatang yang diikuti dua paslon yakni nomor utur 1. Basri Rase – Najirah dan Nomor urut 2 Neni Moerniaeni – Joni Muslim juga ikut pengucapkan pernyataan dan menandatangani pilkada damai kota bontang.

Tinggalkan Komentar