Dilamar PPP, Begini Peluang Arum Spink Menurut Pengamat

Askar-Pipink dideklarasikan PPP sbegai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba di hajatan Harlah PPP di kabupaten Gowa beberapa hari lalu.

Askar-Pipink dideklarasikan PPP sbegai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba di hajatan Harlah PPP di kabupaten Gowa beberapa hari lalu.

Makassar, PANRITA.News – Nama Arum Spink begitu sexi di Pilkada Bulukumba. Secara mengejutkan, Legislator dua periode DPRD Sulsel tersebut yang akrab disapa Pipink, diputuskan oleh PPP sebagai sosok yang tepat mendampingi H Askar HL di Pilkada Bulukumba.

Tak tanggung-tanggung, keputusan paket Askar-Pipink dideklarasikan PPP bersama paket petahana Pilkada Gowa, Adnan Purichta IYL-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) di hajatan Harlah PPP di kabupaten Gowa beberapa hari lalu.

Praktis, Askar-Pipink telah mengamankan rekomendasi PPP yang mengontrol enam kursi di parlemen Bulukumba.

Pengamat Politik dari UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad menilai, jika seandainya Pipink lolos masuk arena Pilkada, tergolong sosok yang berani maju di Pilkada Bulukumba dan meninggalkan zona nyamannya. Apalagi di DPRD Sulsel, Pipink memiliki jabatan sebagai ketua fraksi Nasdem dan Wakil Ketua Komisi E.

“Tentunya beliau (Pipink) sudah punya kalkulasi politik. Ini kan belum berjalan satu tahun, tapi dia harus tinggalkan zona nyaman mau tidak mau. Dan memulai lagi dari nol. Tentu resiko politiknya dia sudah pertimbangkan matang-matang,” kata Firdaus saat dihubungi, Jumat (21/2) kemarin.

Dia menyebutkan, Pipink cukup diperhitungkan di Pilkada Bulukumba 2020. Sehingga kata Firdaus, bukan langkah konyol kader Nasdem tersebut bertarung di pesta demokrasi lima tahunan itu.

Apalagi lanjut Firdaus, Pipink memiliki modal sosial yang sangat baik. Terbukti kader Nasdem ini melenggang mulus ke DPRD Sulsel selama dua periode.

“Pipink itu memiliki potensi elektabilitas tinggi berdasarkan dengan pengalamannya di legislatif selama dua periode. Apalagi sebelumnya kan (Pipink) jadi ketua KPU (Bulukumba). Dia memiliki modal sosial politik yang memadai untuk maju,” ujarnya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini menilai, sudah ideal Pipink membidik kursi 02. Mengingat pasangannya ialah sosok Askar HL, peraih suara terbanyak kedua secara beruntun di dua Pilkada Bulukumba sebelumnya.

Firdaus melanjutkan, paket Askar HL-Pipink cukup ideal. Keduanya sama-sama memiliki modal popularitas dan elektoral yang tinggi. Faktor ini kata dia, menjadi daya tarik partai politik (parpol) lain untuk berkoalisi.

Di Bulukumba, PPP memegang enam kursi. Butuh tambahan dua kursi lagi untuk mengusung paket Askar HL-Pipink. Dimana syarat mengusung yakni minimal delapan kursi.

“Pak Askar juga punya elektoral yang bagus ya. Jadi mereka punya daya jual sendiri untuk mempengaruhi partai lain. Dan saya kira, tidak sulit (bagi paket ini) untuk mendapatkan partai,” sebutnya.

Pengamat Politik dari Universitas Bosowa, Arief Wicaksono menambahkan, Pipink sedianya juga memiliki modal politik yang bagus. Sehingga patut diapresiasi, dia rela meninggalkan zona nyamannya di DPRD Sulsel.

“Pak Pipink ini secara elektoral bagus. Dengan posisinya maju, bisa dikatakan kalau dia (Pipink) benar-benar mau mengabdi di Bulukumba,” tambahnya.

Arief menyebutkan bahwa partai yang paling dekat berkoalisi dengan PPP ialah Nasdem. Mengingat Pipink merupakan kader dari partai besutan Surya Paloh ini.

Sementara itu, Pipink menyebutkan bahwa sebagai kader, pihaknya hanya menunggu instruksi partai.

“Saya ini lahir dan kader tulen partai Nasdem. Jadi saya ini hanya menunggu perintah partai.” singkatnya.(*)

Tinggalkan Komentar