Demi Bela Cara Berpikir, Haris Azhar Jadi Pengacara Rocky Gerung

Jakarta, PANRITA.News – Mantan koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar, muncul menjadi pembela Rocky Gerung. Penggiat hak asasi manusia (HAM) ini mengaku punya alasan menjadi pembela Rocky dalam kasus perkataan ‘kitab suci fiksi’. Rocky dituntut atas ucapannya itu sebagai penistaan agama.

“Pemidanaan terhadap dia adalah upaya yang bukan saja mempidana Rocky, tetapi mempidana kecerdasan publik. Ini bukan sekadar membela Rocky, tapi membela cara berpikir,” kata Haris kepada wartawan, Kamis (31/1/2019).

Haris mengaku sudah lama berteman dengan Rocky, dan pelaporan soal ‘kitab suci fiksi’ ini juga sudah sejak tahun lalu. Haris menjadi pengacara Rocky sejak tahun lalu, dan kini dia akan memperbarui surat kuasanya. Menurut Haris, dia menjadi pengacara Rocky atas alasan membela kebebasan berpendapat.

“Ini bagian dari kebebasan berpikir, berpendapat, dan berekspresi. Apalagi, secara substansi, apa yang disampaikan Rocky itu penting, yakni soal ‘kitab suci fiksi’ itu,” kata Haris.

Dia memandang Rocky sebagai sosok yang bisa berpikir baik dan rasional. Pendiri Lokataru, lembaga pembela hukum dan HAM, ini menilai sosok seperti Rocky jarang ada di negara ini.

“Rocky memang punya integritas yang baik tentang cara berpikir rasional dan nggak banyak yang seperti dia di republik ini,” kata Haris.

Ujaran Rocky tentang ‘kitab suci fiksi’ dilaporkan oleh salah seorang warganet bernama Permadi Arya, lebih dikenal sebagai Abu Janda, pada 11 April 2018. Sedianya, Rocky akan diklarifikasi oleh Polda Metro Jaya pada hari ini. Namun, karena ada acara lain, Rocky mengajukan permohonan penundaan agenda itu ke polisi sampai Jumat (1/2/2019) besok.

Leave a Reply