Askar-Pipink Gagas Pariwisata Berbasis Budaya Lokal

Calon Wakil Bupati Bulukumba, Arum Spink.

Bulukumba, PANRITA.News – Sektor pariwisata akan mendapat perhatian khusus dari pasangan calon bupati dan wakil bupati Askar HL – Arum Spink, bila terpilih pada Pilkada Bulukumba 9 Desember mendatang.

Bahkan, pasangan dengan tagline “Bulukumba Asik” itu sudah menyiapkan sejumlah program seperti, Pariwisata berbasis budaya untuk semakin memaksimalkan potensi wisata yang dimiliki Bulukumba.

Calon wakil bupati, Arum Spink mengungkapkan, dalam konsep pariwisata berbasis budaya, para wisatawan tidak hanya disajikan keindahan pantai-pantai yang ada di Bulukumba, melainkan juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan Budaya.

“Kita punya tari Salonreng di Ara, Pabbitte Passapu di Kajang, kenapa tidak setiap pekan atau, kita buat pertujukan budaya di Bira misalnya, untuk menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara,” ucap Pipink sapaan Arum Spink, Rabu (2/12/2020).

Bulukumba, jelas paslon nomor urut 2 ini, memiliki modal utama yaitu keindahan alam serta kekayaan budaya juga sejarah yang luar biasa, seperti Makam Datok Tiro, Suku Adat Kajang, pembuatan perahu pinisi, pembuatan sarung Kajang dan sarung Bira.

“Jadi nantinya, wisatawan yang datang ke Bulukumba tidak hanya sekedar liburan, tetapi mereka juga bisa belajar sejarah dan kearifan lokal kita, serta bisa menikmati hasil cipta, karya dan karsa masyarakat Bulukumba,” jelasnya.

Terpenting, tambah alumni IAIN Alauddin Makassar itu, dalam konsep pariwisata berbasis budaya, lebih menitik beratkan pada pemberdayaan potensi masyarakat lokal.

“Kita membayangkan misalnya di Liukang Loe, ada banyak cottage yang dibangun tetapi masyarakat lokal sendiri yang menjadi pemiliknya. Tinggal mereka dilatih bagaimana melayani tamu, bagaimana menyiapkan menu makanan, dan lain sebagainya,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar