Cegah HIV/Aids, Puskesmas Imbau Masyarakat Lakukan Tes Sejak Dini

Bontang, PANRITA.News – Masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan HIV/Aids ke Puskesmas wilayah masing-masing. Hal ini guna mencegah penularan virus HIV/Aids semakin meluas di masyarakat. 

Hal ini disampaikan Penanggung jawab Pelayanan Kesehatan Reproduksi Komprehensif (PKRK) Puskesmas Bontang Selatan II, dr Ruri Harmawanti Dwi Lestari. 

“Silahkan bagi yang sudah menikah ataupun belum menikah bisa memeriksakan diri di puskesmas dan gratis,” ujarnya, Selasa (1/12/2020). 

Pemeriksaan ini penting kata dr Ruri, mengingat untuk mendeteksi dini agar jangan sampai tertular secara meluas karena faktor ketidaktahuan. 

Sejauh ini kata dia, setiap calon pengantin (catin) juga diwajibkan untuk melakukan tes ini. Dengan harapan, agar bisa mendeteksi dini ketika salah satu atau dua-duanya ternyata ada yang positif HIV/Aids. Sehingga bisa menyelamatkan anaknya kelak. “Sejauh ini berdasarkan data kami penularan lewat hubungan seksual paling mendominasi,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terkena virus ini, maka dr Ruri berpesan kepada seluruh warga khususnya para remaja untuk menjauhi segala hal yang menyebabkan menularnya penyakit HIV/Aids ini. Dan menerapkan pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Karena ketika sudah kena HIV/Aids tidak bisa sembuh seumur hidup. Dan harus disiplin minum ARV untuk menekan jumlah virus di dalam tubuh. Kalau tidak minum harapan hidupnya bisa pendek,” tukasnya.

Tinggalkan Komentar