Jaksa Agung Tantang Kajati se-Indonesia Gelar Sidang Online

Jaksa Agung RI Copot Firdaus Dewilmar dari Kajati Sulsel

Burhanuddin, Kepala Jaksa Agung RI.

Jakarta, PANRITA.News – Jaksa Agung, ST Burhanuddin menantang seluruh kepala kejaksaan tinggi (kajati) menggelar sidang dalam bentuk video conference di tengah wabah virus Corona saat ini.

Burhanuddin ingin sistem ini dapat diterapkan seluruh kejaksaan tinggi se-Indonesia.

“Saya tantang para Kajati agar mulai hari ini bisa berkoordinasi dengan jajaran pengadilan dan lapas di daerah. Bagaimana caranya bisa melaksanakan sidang dengan menggunakan video conference,” ujar Jaksa Agung dalam keterangannya, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, dengan menggelar sidang melalui vicon, semua pekerjaan penegak hukum bisa tuntas dan tak terpengaruh ancaman Covid-19.

“Bagi Kejati yang sudah berhasil menggelar sidang melalui vicon agar segera membuat laporan ke saya untuk kemudian bisa diterapkan se-Indonesia,” sambung Burhanuddin.

Mendengar arahan jaksa agung, Kajati Daerah Istimewa Yogyakarta Masyhudi mengaku sudah menjadwalkan sidang melalui video conference.

“Kami sudah koordinasi dengan pengadilan dan lapas. Bahkan kami sudah mendapat penetapan sidang melalui vicon dari Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk sidang hari Senin (30/3) mendatang,” lapor Kajati DIY Masyhudi.

Kemudian, Kejati Kepri melaporkan telah menggelar sidang via vicon untuk kasus narkotika dengan terdakwa Harifudin. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Karimun pada Rabu (18/3) lalu.

Saat sidang terdakwa berada di Aula Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Tanjungbalai Karimun. Sementara majelis hakim, kuasa hukum terdakwa berada di ruang sidang. Sementara jaksa dari Kantor Kejari.

Kajati Kepri Sudarwidadi membenarkan di Kejari Karimun telah menggelar sidang perkara tersebut melalui vicon.

“Perkaranya sudah langsung putus dan sudah inkrah,” ujar Sudarwidadi. (Jpnn)

Tinggalkan Komentar