Hakim Tolak Eksepsi Ratna Sarumpaet

Jakarta, PANRITA.News – Majelis hakim menolak eksepsi terdakwa Ratna Sarumpaet dalam sidang lanjutan perkara kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan agenda putusan sela, di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

“Menolak eksepsi terdakwa Ratna Sarumpaet atas dakwaan jaksa penuntut umum untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut umum Nomor Perkara: PDN/21/JKTSEL/Euh.2/02/2019, tanggal 21 Februari 2019, telah disusun secara cermat, jelas dan lengkap,” ujar Ketua Majelis Hakim Joni dalam sidang tersebut.

Dikatakan Joni, selanjutnya agenda persidangan akan masuk ke dalam pokok perkara dengan agenda pemeriksaan saksi maupun ahli.

“Memerintahkan sidang perkara pidana dengan terdakwa Ratna Sarumpaet dilanjutkan. Jaksa penuntut umum dapat menghadirkan terdakwa pada sidang selanjutnya,” ungkap Joni.

Seusai sidang, Ratna pasrah atas putusan hakim yang memutuskan untuk menolak eksepsinya dan memerintahkan agar sidang dilanjutkan. “Ya mau bagaimana lagi. Palu kan di sana. Ya kita ikuti saja prosedurnya,” kata Ratna yang mengenakan rompi tahanan warna merah.

Ratna mengaku iklas menjalani persidangan lanjutan kasus pemyebaran berita bohong atau hoaksyang diproduksinya. “Ikklas sama negeri gue lah,” tandasnya.

Sebelumnya, JPU mendakwa Ratna melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Leave a Reply