KPK Borgol Jempol Terdakwa Kasus Suap Meikarta di Bandung

Bandung, PANRITA.News – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memberlakukan borgol bagi semua tahanan. Para tersangka yang menjalani pemeriksaan di KPK dan para terdakwa yang dibawa ke persidangan akan diborgol.

Hal itu tampak di Pengadilan Tipikor Bandung pada Rabu (2/1/2019), terdakwa perkara suap terkait perizinan proyek Meikarta, Billy Sindoro, terlihat mengenakan borgol. Billy memang hari ini menjalani sidang lanjutan perkara tersebut.

Billy terlihat mengenakan kemeja batik warna cokelat dengan borgol melingkar di kedua jempol tangannya. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan pemberlakuan borgol itu sudah mulai diterapkan hari ini di Jakarta dan Bandung.

“Dari informasi pihak pengawal tahanan, pelaksanaan ini mulai dilakukan di Bandung dan Jakarta hari ini. Baik untuk tahanan untuk persiapan persidangan dan dari rutan ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar Febri kepada wartawan.

Untuk di Pengadilan Tipikor Bandung, Febri menyebut ada 7 terdakwa yang dijadwalkan menjalani sidang, termasuk Billy. Enam terdakwa lainnya yaitu Henry Jasmen P Sitohang, Taryudi, Hendry Saputra, Wahid Husen, Andri Rahmat, dan Fahmi Darmawansyah.

Ketua KPK Agus Rahardjo pada Jumat, (28/12/2018), menyebut aturan pemborgolan tahanan itu tertuang dalam peraturan komisi (perkom). Pemborgolan itu untuk meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan KPK.

Leave a Reply