Polisi Akui Jaksa Kembalikan Berkas Perkara Ratna Sarumpaet

Jakarta, PANRITA.News – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyerahkan berkas Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta pada Kamis (8/11/2018) lalu.

Namun, Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta mengembalikan berkas perkara kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet ke Polda Metro Jaya, Kamus (22/11/2018). Kejati menilai masih ada kekurangan dalam berkas tersebut.

“Jaksa Peneliti Kejati DKI Jakarta mengembalikan berkas atas nama tersangka RS,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, Jumat (23/11/2018) kemarin.

Lebih lanjut, Nirwan menjelaskan, masih ada kekurangan syarat formil dan materiil pada berkas tersebut.

“Pengembalian berkas dilakukan dikarenakan masih ada kekurangan syarat formil dan materiil yang perlu dilengkapi oleh pihak Penyidik,” jelas Nirwan.

Di tempat berbeda, Polda Metro Jaya mengakui pengembalian itu. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, ada beberapa poin yang diminta kejaksaan untuk diperbaiki.

“Berkas ibu Ratna Sarumpaet kemarin kita menerima dari Kejati. Berkas perkara dikembalikan untuk diperbaiki istilahnya ada P19,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Sabtu (24/11/2018).

Argo mengatakan, nantinya penyidik kasus Ratna Sarumpaet akan memperbaiki berkas dan melengkapi sesuai petunjuk jaksa.

“Dalam P19 (pengembalian dengan petunjuk) itu nanti kita lihat apa saja petunjuk dari kejaksaan kira kira apa yang diperbaiki ada beberapa. Jadi untuk tambahan pertanyaan terhadap tersangka. Tersangka akan ditambah lagi pertanyaannya untuk menjawab dan ada kesesuaian antara tersangka dan saksi,” tambah Argo.

Tinggalkan Komentar