Maju Berpasangan, Suardi Saleh-Ogi Bakal Lanjutkan Kemajuan Barru

Suardi Saleh dan Andi Mirza Riogi Idris.

Suardi Saleh dan Andi Mirza Riogi Idris.

Barru, PANRITA.News – Kepastian Suardi Saleh maju berpasangan dengan Andi Mirza Riogi Idris di Pilkada Barru 9 Desember 2020, kini sudah ditetapkan dan direstui oleh beberapa partai politik (parpol).

Duet yang diunggulkan di simulasi beberapa lembaga survei, dinilai saling melengkapi dari berbagai sisi. Mulai dari faktor geopolitik, perpaduan latar belakang antara birokrat dan politisi, maupun kapasitas dan pengalaman keduanya yang sudah teruji.

Suardi Saleh yang sebelum menjabat sebagai bupati, tercatat kurang lebih 30 tahun mengabdi sebagai birokrat dengan beragam posisi strategis di pemerintahan yang diembannya. Seperti pernah menjadi kepala Dinas Pekerjaan Umum Maros, mantan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Pinrang, maupun jabatan lainnya.

Bukan hanya matang di pemerintahan, Suardi Saleh juga dikenal sebagai organisatoris sejak menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin. Diantaranya pernah aktif sebagai pengurus pusat Gabungan Pelajar Pemuda Mahasiswa Barru (Gappembar), aktivis organisasi kemahasiswaan, mantan Ketua AMPI Maros, maupun di organisasi lainnya.

Sedangkan Ogi, sapaan akrab Andi Mirza Riogi merupakan politisi muda yang pengalaman dan kapasitasnya tak perlu lagi dipertanyakan. Pernah menjadi anggota DPRD Sulsel 2014-2019, dan sekarang dipercaya memimpin PDIP Barru yang berhasil menempatkan tiga kader partainya di DPRD.

Ditambah lagi, Ogi yang merupakan alumni perguruan tinggi di salah satu universitas di luar negeri, merupakan putra dari mantan Bupati Barru Andi Idris Syukur, serta cucu dari mantan Bupati Barru Andi Syukur.

“Ini duet yang bisa saling melengkapi dan saling mengisi. Proses berpasangannya juga cenderung berjalan lancar, tanpa ada paksaan,” ujar Penggiat Demokrasi Sulsel, Amrullah, menanggapi pasangan Suardi Saleh-Ogi, Kamis (30/07/2020).

Kesepakatan Suardi Saleh-Ogi untuk maju berpasangan, juga dianggap bisa menggugurkan atau menepis anggapan sebagian orang jika keluarga Andi Idris Syukur dan Suardi Saleh “pecah kongsi” pasca-Pilkada 2015.

“Ini bisa menepis anggapan yang sering digulirkan pihak tertentu kalau Idris Syukur dan Suardi Saleh itu tidak akur. Kepastian Suardi Saleh menggandeng putra Idris Syukur, Andi Ogi, membuktikan kalau hubungan mereka tetap harmonis. Cuma mungkin selama ini ada yang berusaha menggiring dan memanfaatkan untuk membenturkannya,” terang Amrullah yang juga eks aktivis mahasiswa di Makassar.

Seperti diberitakan, Suardi Saleh-Ogi resmi diusung oleh Partai Demokrat, Rabu (29/07/2020). Keduanya menerima langsung rekomendasi dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Jakarta.

Selain Demokrat, Partai Nasdem sebelumnya sudah menerbitkan surat tugas ke Suardi Saleh yang tak lain adalah ketua DPC Nasdem Barru. Begitupun PDIP melalui pengurusnya di Sulsel, berulangkali membenarkan jika arah dukungan parpolnya ke Suardi Saleh-Ogi.

Bahkan, Suardi Saleh dan Ogi sebelumnya sudah menghadiri undangan DPP PDIP di Jakarta untuk mengikuti fit and propertest sebelum diterbitkan rekomendasi secara resmi.

Tinggalkan Komentar