3 Petinggi Sunda Empire Didakwa Sebarkan Berita Bohong

Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana

Bandung, PANRITA.News – Tiga orang petinggi Sunda Empire menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pangadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus, Kamis (18/6/2020).

Dalam sidang perdana yang digelar secara virtual tersebut, ketiganya didakwa menyebar berita bohong atau hoax.

Ketiga terdakwa yakni Nasri Bank alias NB, Ki ageng Rangga Sasana alias KARS dan Raden Ratna Ningrum (RRN) dijerat dengan pasal 14 dan atau 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 dengan ancaman 10 tahun penjara.

Jaksa Suharja dalam dakwaannya menyampaikan, ketiga terdakwa selaku petinggi Sunda Empire selalu menyampaikan materi tentang keberadaan kekaisaran Sunda Empire yang dapat mengubah tatanan dunia.

Di mana materi tersebut disebarluaskan melalui Youtube Sunda Empire dengan nama Alliance Press Internasional.

“Hal tersebut dilakukan oleh para terdakwa dengan maksud untuk menerbitkan atau menimbulkan keonaran atau kegaduhan di masyarakat,” kata Suharja.

“Sehingga dengan menyiarkan berita atau pemberitaan bohong yang terdapat di dalam video yang berisi kegiatan atau aktivitas Sunda Empire tersebut telah menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat Sunda karena telah mengusik keharmonisan masyarakat Sunda,” kata jaksa menambahkan.

Atas perbuatan tersebut, ketiganya didakwa dengan tiga pasal dakwaan. Pertama, yakni Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, lalu Pasal 14 (2) UU Nomor 1 Tahun 1946 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan ketiga Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tinggalkan Komentar