Cuti Permanen Dari Dunia Bisnis, Sandiaga Uno: Pak JK Mentor Saya

Jakarta, PANRITA.News – Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku sudah cuti permanen dari dunia bisnis. Hal itu disampaikannya dalam acara Indonesia Millenial Summit di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Sandi, keputusan itu diambil sejak dirinya terjun ke dunia politik dan birokrat dalam beberapa waktu terakhir.

“Sebetulnya saya sudah cuti (bisnis) permanen, sudah tinggalkan dunia usaha. Saya khawatir kalau saya terus di politik dan bisnis. Pak JK (Jusuf Kalla) mentor saya, Pak JK bilang jangan sampai politik dibisniskan dan bisnis dipolitikkan,” ungkap Sandi.

Lebih lanjut, Sandi menilai dunia politik sama sekali berbeda dengan dunia bisnis. Dunia politik penuh ketidakpastian, sementara di bisnis dia terbiasa dengan hal-hal yang pasti.

“Hal yang saya pelajari di dunia usaha beda sekali. Politik itu fluid sekali, sementara di bisnis kita memastikan sesuatu yang predictable. Sementara di politik, semakin unpredictable semakin menarik,” katanya.

Dia bilang, dunia politik yang digelutinya sekarang ini bisa tergerus konflik kepentingan jika dia masih mengurusi bisnis. Hal tersebut mulai disadarinya saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2017-2018 lalu.

“Jadi yang paling saya khawatir itu conflict of interest. Kalau kita punya kepentingan dan ambil keputusan akan sangat sulit. Ini yang memantapkan saya untuk meninggalkan dunia bisnis. Tapi 20 tahun Allah SWT sudah memberikan karunianya yang sangat besar dan saya sangat bersyukur. Sudah cukup buat saya. Sekarang saatnya saya berkontribusi balik,” kata Sandi.

Tinggalkan Komentar