KPU Evaluasi Debat Pilpres: Tak Ada Lagi Bocoran Kisi-Kisi Pertanyaan

Jakarta, PANRITA.News – KPU akhirnya memutuskan untuk tidak lagi memberikan abstraksi atau kisi-kisi materi pertanyaan debat pemilihan presiden (pilpres) ke pasangan calon. Keputusan ini diambil dalam evaluasi debat pertama sebelumnya.

“Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan, Sabtu (19/1/2019). 

Keputusan ini diambil KPU dengan evaluasi yang diterima dari banyak pihak termasuk masyarakat. Tujuan penghapusan kisi-kisi ke paslon sebelum debat, agar capres-cawapres bisa tampil dengan performa terbaik.

“Agar debat kedua lebih substansial, edukatif, menarik sekaligus mengeksplorasi performa kandidat,” tambahnya. 

Meski begitu, KPU pada debat kedua, tetap akan memilih panelis untuk debat bertema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Panelis akan menyiapkan daftar pertanyaan ke paslon. Namun, kisi-kisinya tak diberikan ke pasangan capres-cawapres.

Selain soal kisi-kisi materi soal debat yang tak lagi diberikan ke paslon, KPU juga mengevaluasi durasi debat. 

“Durasi jadi bagian dalam evaluasi. Kita sudah punya rekomendasi dari evaluasi, misal waktu pemaparan visi-misi program dari kandidat, kita tambah waktunya. Kemudian waktu untuk saling bertanya kita rekomendasikan ditambah waktunya,” sambung Wahyu.

Tinggalkan Komentar