Kepala Desa Tak Netral, Panwaslu Sinjai Diminta Lebih Pro Aktif

Sinjai, PANRITA.News – Netralitas sejumlah aparat pemerintah desa di Kabupaten Sinjai kembali dipertanyakan. Itu setelah beredar foto diduga Dua Kepala Desa bersama salah seorang dari pasangan yang akan bertarung pada Pilkada Sinjai.

Dalam foto tersebut, terlihat keduanya kompak memberi tanda melalui tangan yang merupakan simbol dan identitas kampanye mereka.

Foto yang diposting di salah satu group Sinjai Memilih di kanal media sosial tersebut, nampak A. Mahyanto Mazda duduk berdampingan dengan orang yang diduga Dua Kepala Desa. Masing-masing kepala Desa Bua dan Sukamaju Kecamatan Tellulimpoe Sinjai.

Jika merujuk sejumlah regulasi disebutkan adanya larangan keterlibatan aparat pemerintah termasuk Kepala Desa dalam hal kampanye pemilu.

Bahkan dalam pasal 69 PKPU No. 4 tahun 2017 tentang Kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota disebutkan secara tegas larangan Kepala Desa membuat keputusan dan tindakan yang bisa menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon.

Kades tak Netral, Panwas diminta lebih pro aktif

Hingga berita ini diturunkan, foto yang diposting dua netizen yang berbeda tersebut, masih terpasang. Salah seorang warga asal Sinjai, Miftah mengaku prihatin dengan postingan tersebut.

“Kita harus jaga kualitas demokrasi Sinjai agar tetap kondusif dan semakin berkualitas. Jangan sampai sikap tak netral dari sejumlah aparat bisa memicu rusaknya suasana kondisi yang sudah baik ini,” katanya.

“Saya berharap panwas bisa lebih pro aktif dalam menangani hal-hal yang demikian agar menjadi pelajaran buat aparat lain dan tak menjadi preseden buruk buat pilkada Sinjai,” tutup Mahasiswa UNM ini.(*)

Tinggalkan Komentar