Tidak Penuhi Syarat, KPU Gugurkan 8 Calon Jalur Independen

Jakarta, PANRITA.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggugurkan delapan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari jalur perseorangan atau independen.

Hingga Selasa malam, sudah ada Delapan pasangan bakal pasangan calon yang gugur. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya yang hanya tujuh bakal pasangan calon.

“Satu dari delapan pasang calon kepala daerah tidak lolos karena tidak memenuhi syarat dalam tes kesehatan. Tujuh pasang calon lainnya gugur karena tidak memenuhi syarat dukungan.” kata Ilham Saputra, Komisioner KPU, Selasa (23/1/2018).

Kedelapan pasangan tersebut berasal dari tujuh daerah. Mereka adalah Kartius-Pensong yang merupakan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Kalimantan Barat. Rafael Ngala-Antonius Tonggo yang mencalonkan di Pilkada Kabupaten Ende. Ashadi Yusuf-Abdul Rahman yang maju di Pilkada Kabupaten Kayong Utara. Sudirman Ismail-M Toyib yang maju di Pilkada Kota Bima.

Lalu, Jumanto-Imamudin yang maju di Pilkada Kabupaten Probolinggo. Tema Muhammad-M Rusli Zamzammi yang maju di Pilkada Kabupaten Donggala. Serta dua bakal pasangan calon dari Kabupaten Deli Serdang, yakni Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin.

“Sudirman Ismail-M Toyib yang maju di Pilkada Bima gugur karena tidak penuhi syarat dalam tes kesehatan. Dan yang lainnya tidak memenuhi syarat dukungan. Kekurangan dukungan itu tidak dilaporkan kepada KPU setempat selama dua kali perbaikan, makanya gugur,” jelas Ilham, seperti dikutip kumparan.

Selanjutnya, Ilham menambahkan, gugurnya dua paslon di Deli Serdang, saat ini hanya tersisa satu pasangan calon kepala daerah. Oleh sebab itu, KPU kembali membuka pendaftaran Pilkada Kabupaten Deli Serdang.

“Pendaftaran akan kembali kami buka, mekanismenya sama dengan perpanjangan pendaftaran yang sebelumnya,” tutup Ilham.

Tinggalkan Komentar