Terima Uang 400 Juta, Kepala UPTD BPLP Disperindag Sulsel Terjaring OTT

Makassar, PANRITA.News – Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan dihebohkan oleh Operasi Tangkap Tangan yang melibatkan Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Balai Pelayanan Logistik Perdagangan pada Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang di gelar Kamis (28/12/2017) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel berhasil mengamankan seorang Kepala UPTD, Nur Asikin dengan barang bukti uang sebanyak Rp 433.600.000.

Direktur Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudiawan Wibisono saat jumpa pers di Mapolda Sulsel menyatakan bahwa barang bukti diamankan dari tangan Nur Asikin.

“OTT dilakukan pukul 11.00 Wita di Kantor UPTD BPLP Sulsel. Awalnya kami mendapat laporan tentang adanya dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Nur Asikin,” kata Yudiawan.

Saat ini, Nur Asikin tengah menjalani pemeriksaan di ruang Ditreskrimsus Polda terkait perihal OTT uang yang diamankan ditangan pelaku.

Selain uang ratusan juta rupiah, jajaran kepolisian juga ikut mengamankan sejumlah berkas yang memiliki kaitan dengan tindak pidana yang dilakukan oleh Nur Asikin.

Personil polda mengamankan uang di ruang kepala UPTD sebesar Rp 350.000.000 dan Rp 83.000.000 ditemukan di ruang staf UPTD Dinas Perdagangan.

Operasi Tangkap Tangan dilakukan setelah pihak polda Sulsel menerima laporan terkait penyewaan gedung CCC, Penggunaan APBD TA 2017 atas beberapa kegiatan Penunjukan Langsung di UPTD BPLP Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel.

Menurut keterangan, setiap pembayaran dari nilai kontrak penunjukan langsung dilakukan pemotongan oleh saudara Nur Asikin selaku kepala UPTD BPLP Dinas Perdangangan Provinsi Sulsel sebesar 65% dari nilai kontrak.

Selain mengamankan kepala UPTD, Direskrimsus juga mengamankan seorang kontraktor Malik Arif selaku pelaksana penunjukan Langsung yang mengantarkan uang kepada kepala UPTD Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel.

Leave a Reply