STAI DDI Makassar Sukses Gelar Visitasi Akreditasi Institusi Secara Daring

STAI DDI Makassar Sukses Gelar Visitasi Akreditasi Institusi Secara Daring.

Makassar, PANRITA.News – Untuk Petama kalinya setelah selama 20 Tahun berdiri, Institusi Sekolah Tinggi Agama Islam STAI DDI Makassar sukses menyelenggarakan visitasi akreditasi lapangan secara daring, selama 2 hari pada Jum’at-Sabtu, 25-26 Juni 2021.

Sebelumnya, kegiatan pengusulan akreditasi sudah dilakukan sejak bulan Januari 2019 kepada Aplikasi Sapto BAN-PT.

Adapun Asesor BAN PT yang ditunjuk untuk asessmen adalah Prof. Dr. Deden Makbuloh, S.Ag., M.Ag dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan Prof. Dr. Samsubar Saleh, M.Soc, Sec. dari Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua STAI DDI Makassar Drs. KH. M. Alwi Nawawi, M.Pd serta seluruh unsur Pimpinan STAI DDI Makassar.

Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, para ketua-ketua Lembaga, Ketua Program Studi, Tim Penyusun Borang Perguruan Tinggi, beberapa dosen, beberapa mahasiswa dan alumi yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Gedung STAI DDI Makassar untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil.

Meskipun di kumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pada sesi Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang institusi kepada Ketua STAI DDI Makassar terkait dengan Visi dan Misi serta rencana Strategis pengembangan institusi di masa depan.

Sesi selanjutnya adalah tim penyusun borang pengelola, kepada para asesor dijelaskan oleh Muhammad Arsyam, S.Pd.I., M.Pd selaku ketua Tim Penyusunan Borang Akreditasi yang juga sekaligus sebagai Ketua Prodi PAI STAI DDI Makassar, terkait dengan data dokumen LKPT dan LED dalam sesi ini juga dilakukan pembuktian dokumen-dokumen dalam bentuk file Google Drive.

Salah satu pertanyaan penting dari asesor adalah kesesuaian data mengenai Jumlah dosen, Mahasiswa, lulusan, kegiatan kerja sama dengan lembaga/institusi lain dalam bentuk MoU serta kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi selama ini.

Selanjutnya adalah konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI oleh Zulkifli Makmur, S.Hum., MA selaku Ketua LPM dan Muhammad Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I Selaku Ketua LP2M. Adapaun pertanyaan yang diberikan adalah pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu, kebijakan strategis sesuai dengan apa yang menjadi visi misi dari STAI DDI Makassar dan konfirmasi Pedoman Rekrutmen Mahasiswa baru.

Asesor juga meminta konfirmasi kepada Andi Muh. Shaleh Alwi, S.Sos., M.Si selaku Wakil Ketua II STAI DDI Makassar mengenai kondisi pengelolaan dan pelaporan keuangan STAI DDI Makassar lengkap dengan dokmen pendukungnya.

Konfirmasi pada sesi selanjutnya terhadap Ketua Ikatan Alumni STAI DDI Makassar oleh H. Abd. Wahid, SH., MH., terkait dengan peran serta alumni dalam pengembangan Institusi pada aspek kesesuaian lulusan terhadap lapangan kerja, masa waktu lulusan mendapatkan pekerjaan, kolaborasi kegiatan Alumi bersama dengan STAI DDI Makassar.

Asessmen lapangan secara daring pada hari kedua, Asesor kembali melakukan wawancara dengan para dosen diantaranya Bapak Try Sa’adurraham, SH., MH., Ibnu Hajar, S.Sos., M.Sos., Nursalam, SH., MH., Muhammad Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I. pada sesi ini mempertanyakan terkait dengan metode mnegajar, media pembelajaran, kualifikasi dosen secara personal dalam memberikan motivasi terhadap mahasiswa dan strategi dalam pengembangan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini di sebut Tri darma Perguruan Tinggi.

Sesi selanjutnya adalah wawacara kepada para mahasiswa yang diwakili oleh Saudara Abil Thoriq, Mahdi, Muhamma Fadel, Andi Arsi dan Sumarni, para mahasisa diminta konfirmasi terkait dengan kegiatan intra dan ekstra kampus dalam hal pengembangan kapasitas mahasiswa, fasilitas-fasilitas yang tersedia di Kampus STAI DDI Makassar seperti perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video, foto, kolaborasi penelitian dengan dosen, Sebelum dilaksanakan sesi penutupan kegiatan visitasi secara online ini. Maka dilakukan dengan pembuatan berita acara dan ditandatangani oleh Prof. Dr. Deden Makbuloh, S.Ag., M.Ag dan Prof. Dr. Samsubar Saleh, M.Soc, Sec. serta oleh Drs. KH. M. Alwi Nawawi, M.Pd.

Harapan besar bagi Muhammad Arsyam selaku ketua tim penyusun Akrditasi Borang STAI DDI Makassar dan segenap civitas akademika agar hasil yang didapatkan untuk visitasi akrditasi kali ini mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik sehingga bermanfaat bagi kemajuan Institusi STAI DDI Makassar.
mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik sehingga bermanfaat bagi kemajuan Institusi STAI DDI Makassar.

Tinggalkan Komentar