Kemenkes Ingin Vaksinasi 5,6 Juta Guru Segera Selesai

Vaksinasi Covid-19 terhadap guru

Vaksinasi Covid-19 terhadap guru (Antara)

Kementerian Kesehatan (Kemkes) meminta pemerintah daerah (pemda) melakukan koordinasi secepatnya untuk mengebut vaksinasi kepada guru/pendidik dan tenaga kependidikan.

Pemerintah menargetkan 5,6 juta guru/pendidik dan tenaga kependidikan akan selesai divaksinasi pada akhir Juni nanti.

“Harus kita dorong daerah agar segera melakukan koordinasi karena sebenarnya sejak awal guru dan tenaga pendidik itu sudah prioritas,” kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, seperti dikutip Beritasatu.com, Minggu (4/4/2021) malam.

Nadia mengaku tidak mempunyai data terkait jumlah guru yang telah divaksinasi. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem (Mendikbud) Anwar Makarim pada Kamis (1/4/2021) menyatakan jumlah guru yang telah menerima vaksinasi baru 550.000 orang, artinya masih tersisa sekitar 5 juta guru dan tenaga pendidik yang belum mendapatkan vaksinasi.

Jika dipukul rata, pemerintah harus melakukan vaksinasi kepada setidaknya 1,5 juta guru per bulan agar bisa mencapai target selesai vaksinasi akhir Juni mendatang. Terkait situasi itu, Nadia tidak menjawab secara langsung, melainkan menyebut bahwa pihaknya akan memperkuat koordinasi di daerah.

“Bahkan di awal pencanangannya oleh presiden sudah jadi prioritas. Hanya koordinasi Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan yang perlu diperkuat karena datanya dari Dinas Pendidikan di provinsi dan kabupaten/kota,” kata Nadia.

Nadia menambahkan Kemkes juga sudah mengeluarkan imbauan kepada pemda untuk mempercepat vaksinasi guru dan tenaga kependidikan. Dia mengatakan pendataan dan verifikasi guru yang akan menerima vaksin dilakukan oleh Dinas Pendidikan di daerah.

“Karena ini kategori pelayan publik jadi institusi terkait (yang mendata),” lanjutnya.

Mendikbud mendorong pemerintah daerah untuk menjadikan guru/pendidik dan tenaga kependidikan sebagai prioritas dalam program vaksinasi Covid-19.

“Data terakhir kemarin sekitar 550.000 guru dan tenaga pendidik yang sudah divaksin. Itu kabar gembira. Kita aspirasi untuk semua guru di akhir bulan Juni,” kata Nadiem dalam diskusi virtual bertema “Persiapan Pembelajaran Tatap Muka” oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN), Kamis lalu.

Program vaksinasi kepada guru/PTK telah dimulai sejak Maret sebagai bagian dari program vaksinasi tahap 2 untuk pekerja publik. Data dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyebutkan target vaksinasi untuk pendidik sebanyak 5.659.560 sampai akhir Juni nanti.

Sumber: BeritaSatu.com

Tinggalkan Komentar