DPRD Bontang Tinjau Progres Pembangunan Gedung Baru RSUD Taman Husada

DPRD Bontang Tinjau Progres Pembangunan Gedung Baru RSUD Taman Husada.

Bontang, PANRITA.News – Komisi II DPRD Bontang menilai pembangunan gedung RSUD Taman Husada yang dibangun Sejak 2018 lalu, berlarut larut. dan ditargetkan selesai 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Rustam Ketua Komisi II DPRD Bontang, Usai Melihat langsung progres Pembangunan Gedung baru RSUD Taman Husada,, Selasa (27/10/2020).

“Yah harus selesai tahun depanlah (2021), komisi II akan mengupayakan ada di Anggaran murni APBD 2021,” ujar Rustam.

Legislator fraksi Golkar itu menyebut Proyek multi years berupa bangunan berlantai 5 ini, dimulai pembangunannya sejak 2018. Gedung baru di RSUD Taman Husada Bontang, dianggarkan sebesar Rp 56 M. Tahun ini mendapatkan kucuran anggaran APBD 2020 sebesar Rp.10,045,750,788,24.

“Realisasi anggaran tahun ketiga ini sudah mencapai Rp 36 miliar. Sisanya nanti akan lebih diupayakan masuk di anggaran tahun depan,” paparnya.

Sementara, Kabag TU RSUD Taman Husada Bontang, Eko Mashudi menjelaskan progres pembangunan Fisik mencapai 80 persen. Namun, secara keselurahan, persentasenya baru 50 persen.

“50 persen, karena ada pemasangan lift. Persentasenya sendiri 30 persen. Jadi kalau sudah selesai pemasangan lift, progres secara keseluruhan itu 80 persen. Saat ini kita masih menunggu pengiriman lift dari luar negeri,” terang Eko.

Proses pembangunan tahun ini, lanjutnya, berfokus pada lantai 4 dan 5. Selain pekerjaan pemasangan lift, kontraktor pelaksana tengah menyelesaikan pemasangan keramik dan instalasi pengolahan air.

Disinggung mengenai pengajuan anggaran di APBD 2021 lebih besar ketimbang tahun ini yang hanya Rp 10 miliar, kata Eko ada beberapa kelengkapan dan fasilitas penunjang yang masuk dalam pengadaan di anggaran tahun depan.

“Pertama pengadaan genset. Karena listrik di RSUD masih mengandalkan PLN. Jadi ketika listrik padam, otomatis akan ter-backup. Kedua mebeler, dan ketiga pengadaan gas medis. Karena semua poli butuh gas central. Apalagi poli gigi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bangunan baru yang terdiri dari 5 lantai tersebut nantinya akan digunakan sebagai poliklinik rawat jalan dan juga kantor administrasi RSUD Taman Husada Bontang.

Peruntukan lantai kedua pada perencanaan Awal sebagai area parkir, saat ini di alih fungsikan sevagai ruang isolasi pasien Covid-19.

Tinggalkan Komentar