Ma’ruf Amin Ajak Umat Islam Raih Malam Lailatul Qadar

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Ist)

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Ist)

Jakarta, PANRITA.News – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak umat Islam di Tanah Air untuk memaksimalkan ibadah dalam 10 hari terakhir Ramadhan. Sebab, ada momen malam istimewa yaitu Lailatul Qadar.

“10 hari terakhir, al asrul awakhir. Yang kita disuruh menghidupkan malam-malamnya dengan banyak berdoa, berzikir karena akhir Ramadhan,” kata Ma’ruf dalam video YouTubenya, Selasa, (12/5/2020).

Ma’ruf Amin mengatakan, momen malam Lailatul Qadar yang punya kedudukan istimewa karena turunnya Alquran.

Menurutnya, Lailatul Qadar disebut sebagai khairum min alfi syahrin atau malam yang lebih baik dari seribu malam.

Maka itu, bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar akan memiliki kedudukan yang tinggi.

“Lailatul Qadar itu terutama di malam-malam yang ganjil. Malam itu turunkan keberkatan, pengampunan dari Allah dan juga turunnya Rahmat,” jelasnya.

Ma’ruf mengingatkan, keistimewaan Lailatul Qadar adalah malaikat turun ke bumi.

“Jadi, ketika Allah menjadikan nabi Adam, malaikat sudah berprasangka Ataj’alu fiiha man Yufsidu Fiiha Wa Yasfikud Dimaa,” katanya.

Namun, ia menekankan malaikat turun ke bumi karena ingin melihat momen peristiwa yang tak ada di langit. Momen itu untuk melihat orang-orang berharta lebih dengan memberikan bantuan kepada orang miskin.

“Dan juga [Malaikat] turun ke bumi ingin melihat sesuatu yang tidak ada di langit, apa itu? I’tinaaul aghniya lil fuqoro, bagaimana orang-orang kaya membagi-bagikan hartanya untuk memberi makan orang miskin,” ujarnya.

Dia mengibaratkan hal ini di tengah pandemi Corona Covid-19 yang memberikan dampak kepada rakyat miskin. Kata Ma’ruf, momen ini hanya bisa dilihat di bumi. Karena itu, menurutnya para malaikat yang turun ke bumi mendoakan orang-orang dermawan.

“Malaikat turun bergelombang-gelombang menyalami orang-orang yang beribadah pada malam itu, mendoakan, menyampaikan keselamatan dan keberkahan sampai pagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan pentingnya memanjatkan doa dalam 10 hari terakhir Ramadhan. Imbauan agar umat Muslim di Tanah Air terus mengejar pahala dengan beribadah.

“Marilah kita jadikan Lailatul Qadar malam yang kita hidupkan sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk berzikir, membaca Alquran dan juga memohon kepada Allah agar bangsa ini diselamatkan dari Covid-19,” tutur Ma’ruf.

Tinggalkan Komentar