Wagub Sulsel Serukan Manfaatkan 10 Malam Terakhir Ramadhan dari Rumah

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Makassar, PANRITA.News – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengajak untuk memanfaatkan 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan 1441 H. Meskipun Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kondisi pandemi Covid-19, maka ibadah dianjurkan dilakukan dari rumah saja.

Untuk memaksimalkan keutamaan bulan puasa ini, dirinya menyampaikan tentang keistimewaan malam lailatul qadar. Seperti dalam HR. Muslim, No 1175, bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.”

“Wahai saudaraku, sebentar malam, malam ke-21 Ramadhan. Semoga kita diberikan kekuatan untuk memanfaatkan malam-malam 10 terakhir dari Bulan Ramadhan ini,” ujar Andi Sudirman, Rabu, 13 Mei 2020.

Kepada umat muslim, khususnya di Sulsel, dirinya mengingatkan untuk memanfaatkan waktu pada sepuluh hari terakhir. Dengan tujuan untuk mendapatkan malam lailatul qadar.

Dikatakan oleh istri tercinta Rasulullah, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya,” dalam HR. Bukhari, no. 2024 dan Muslim, no. 1174.

Juga dalam hadits disebutkan, Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. (HR. Bukhari, no. 2026 dan Muslim, no.1172)

“Saudaraku Mukminin dan Mukminat marilah kita hilangkan sejenak segala kesibukan dunia untuk bermunajat dengan Allah Subhannahu Wata’ala dengan banyak berdo’a, berdzikir, bertadarus dan bertadabbur serta menunaikan ibadah shalat lail dan ibadah lainnya di rumah masing-masing. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” serunya. (

Tinggalkan Komentar