Menkopolhukam: Larangan Mudik Berlaku untuk Semua Daerah!

Ilustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

Ilustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

Jakarta, PANRITA.News – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa larangan mudik sebagai bentuk dari upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karena itu seluruh warga Indonesia harus menaati aturan tersebut, sebab melalui aktivitas mudik penularan virus SARS-CoV-2 atau corona jenis baru penyebab COVID-19 sangat berpotensi terjadi.

“Pemerintah itu bisa melarang di manapun karena itu (larangan mudik) berlaku bagi seluruh Indonesia,” kata Mahfud melalui telekonferensi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu (25/4/2020).

Aparat keamanan, lanjutnya, dapat menindak tegas pemudik yang tetap nekat pulang ke kampung halamannya. Tindakan tegas menurutnya agar masyarakat mematuhi aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia.

“Kalau pemerintah itu mengumumkannya tidak boleh mudik, ya jangan mudik,” ujarnya.

Kebijakan larangan mudik ini mulai berlaku pada Jumat 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020. Menurut Mahfud, kebijakan ini bisa diperpanjang tergantung kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kalau pada saat habis perpanjangan kok masih perlu diperpanjang, diperpanjang lagi sampai ada pada titik minimal untuk dikatakan aman,” tuturnya.

Mahfud berharap, seluruh masyarakat mendukung upaya pemerintah mengatasi Covid-19 dengan cara tidak mudik. Sebab, katanya, mudik berpotensi menyebarkan virus corona ke berbahai daerah di Indonesia.

Tinggalkan Komentar