Insting Institute Ingatkan Pemerintah Agar Bantuan Terdampak Covid-19 Tepat Sasaran

Direktur Insting Institute, Syamsul Bahri.

Direktur Insting Institute, Syamsul Bahri.

Gowa, PANRITA.News – Pemerintah tak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap pandemi virus Corona (Covid-19).

Direktur Insting Institute, Syamsul Bahri sangat mendukung langkah pemerintah menerapkan PSBB di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Namun, kata Syamsul, harus diperhatikan dampak dari aturan tersebut.

Menurutnya, Covid-19 ini sangat memberi dampak yang besar termasuk dampak ekonomi.

“Kami sangat mendukung adanya PSBB, tapi harus kita pahami, berdampak pada kondisi ekonomi karena berhenti kerja, terlebih mereka pekerja harian,” kata Syamsul Bahri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/4/2020).

“Imbauan tetap di rumah mungkin positif di kalangan kelas menengah ke atas, tapi mereka (warga) kelas menengah ke bawah mungkin sulit dilakukan karena menghambat pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Bagi Syamsul, pemerintah harus memikirkan segala aspek yang ditimbulkan akibat wabah ini, bukan hanya pada segi kesehatan tapi termasuk kondisi sosial-ekonomi.

Apalagi, lanjut dia, pemerintah belum memberikan bantuan secara menyeluruh kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Emang sih ada bantuan, tapi tidak menyeluruh dan kurang tepat sasaran. Ini yang harus dipikirkan pemerintah, khususnya wilayah Makassar dan Gowa,” ujar Eks pengurus KNPI Sulsel ini.

Seharusnya, kata dia, pemerintah daerah harus secara massif mengintruksikan ke seluruh bawahannya, termasuk camat, kepala desa atau lurah hingga ke RW/RT agar mendata warga yang terdampak covid-19.

“Harus ada datanya dan ada pengawasan, biar semuanya menerima bantuan, agar tidak ada yang merasa terzolimi,” imbuhnya.

Ia pun mengingatkan, dalam penerapan PSBB ini pemerintah harus lebih fokus memperhatikan warga yang terdampak covid-19.

“Ketika pemerintah tidak tanggap dan acuh terkait kondisi saat ini, bisa saja akan chaos karena kondisi perut,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar