Abd Azis: Media Harus Jadi Garda Terdepan Melawan Hoax

Makassar, PANRITA.News – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh hari ini, Sabtu (9/2/2019), Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan 2, H. Abdul Azis turut mengungkapkan harapannya.

Politisi PKS Sulsel ini berharap jurnalis dan media mampu menjadi garda terdepan dalam menyajikan berita yg inovatif, akurat dan terpercaya.

“Yang paling penting, media harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjauhi hoax” ungkapnya kepada Panrita.news, Sabtu (9/2/2019).

Abd Azis menambahkan bahwa pers sebagai salah satu pilar demokrasi, diharapkan mampu menghadirkan pemberitaan yang informatif dan mendidik. Baginya, berita yang mengedukasi itu sangat dibutuhkan masyarakat di era digital saat ini.

“Media harus mampu menjadi pelepas dahaga masyakat yg haus akan berita terlebih lagi di zaman revolusi 4.0, berita dengan mudah dapat kita akses bahkan dalam genggaman” jelasnya.

Untuk diketahui, Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. 

Leave a Reply