Syahruni Ariyanti: Sulsel Harus Jadi Role Model Pembangunan di Indonesia

Bulukumba, PANRITA.News – Calon legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sulsel dari Partai Nasdem Syahruni Ariyanti kembali menanggapi kondisi masyarakat Sulawesi Selatan yang menurutnya belum sepenuhnya terurus.

Ia berpendapat bahwa banyak Kabupaten di Sulsel belum berdaya di tengah kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah, khususnya di Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Dalam keterangannya, Syahruni berpendapat bahwa masyarakat berdaya adalah suatu kondisi dimana masyarakat menjadi sejahtera, mampu menyekolahkan anak-anaknya, hidup sehat dalam lingkungan yang sehat, juga mampu menjangkau barang-barang kebutuhan primer dan sekundernya.

“Tentunya ada empat poin penting, pertama pendidikan, kedua ekonomi, yang ketiga adalah kesehatan, dan keempat yaitu Lingkungan yang sehat” ungkap Syahruni Ariyanti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/1/2019).

“Yang dibutuhkan rakyat adalah keempat itu, untuk itu dibutuhkan pemimpin yang memiliki komitmen membangun, tidak saja ekonomi tapi yang lainnya. Bukankah pembangunan sosial adalah pembangunan Ekonomi dan manusia yang berjalan beriringan?” tambahnya.

Syahruni Ariyanti yang akrab disapa Syanti ini mengungkapkan bahwa dirinya sudah berkeliling di beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bulukumba dan Sinjai. Berdasarkan pengamatan itu, ia menilai pembangunan harus diarahkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan dengan indikator yang jelas.

“Misalnya, meningkatnya pendapatan warga dengan status daya beli yang meningkat, faktanya saya melihat rakyat dengan mata kepala saya bahwa mereka memang benar-benar butuh perhatian. Lalu kemana kebijakan pemerintah selama ini?” ujarnya.

Syanti pun mengungkapkan alasannya maju menjadi caleg semata karena keinginannya berbuat dan menyalurkan kemampuan yang telah ia dalami sejak menjadi mahasiswa.

“Sebagai mantan aktivis komitmen saya sejak dulu adalah ingin melihat mereka (rakyat) benar-benar merdeka. Merdeka secara ekonomi dan merdeka sebagai manusia” katanya.

Sulsel Harus Jadi Role Model

Ia berharap daerah-daerah di Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Bulukumba dan Sinjai menjadi role model untuk daerah-daerah lain di Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, menurutnya ada tiga sektor yang harus terkolaborasi. Pertama adalah pemerintah sebagai pendorong kebijakan. Kedua adalah pasar, dan ketiga adalah masyarakat itu sendiri.

Sehingga menurutnya, menjadi tugas wakil rakyat untuk memastikan ketiga itu dapat diwujudkan.

“Peran kita adalah memastikan kebijakan pro rakyat, memastikan pasar dapat diakses oleh rakyat, dan rakyat sebagai Individu atau komunitas berkembang dengan pengetahuan-pengetahuan yang kita berikan tentang bagaimana mengembangkan berbagai potensi yang ada secara berkelanjutan” jelasnya.

Selain itu, Syahruni Ariyanti menilai Sulawesi Selatan belum dibangun berdasarkan asas berkelanjutan. Ia kemudian menceritakan sebuah buku tentang bagaimana abad 21 harusnya dibangun.

“Kita harus berhenti berpikir dan bertindak seperti penggembala Sapi koboi di daratan yang terbentang luas, mulailah berpikir seperti astronot yang menyadari bahwa hidup kita tergantung pada kemampuan kita dalam mempertahankan persediaan dan sistem pendukung hidup kapal angkasa kita” ujarnya mengutip pemikiran Kenneth Boulding.

“Kita harus mendorong kebijakan yang gagasannya adalah bahwa apa yang ada hari ini adalah warisan generasi masa depan yang harus kita pertanggung jawabkan. Maka lingkungan adalah bagian terpenting yang harus kita jaga”. tutupnya.

Tinggalkan Komentar