Sekda Makasar Imbau SKPD Rampungkan Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa

Makassar, PANRITA.News РBimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan pengadaan barang dan jasa digelar oleh bagian layanan pengadaan barang dan jasa Pemerintah kota Makassar di Hotel Singgasana, Makassar, Rabu (30/1/2019).

Kepala bagian pengadaan barang dan jasa Pemkot Makassar, Fuad Azis menjelaskan, bimbingan tehnis yang diadakan dalam rangka penyamakan persepsi bersama antara aparat hukum dan SKPD terkait, dalam pelaksanaan proses pengadaan barang dan jasa.

“Dengan adanya bimtek yang dilaksanakan,  menjadikan proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan dengan efektif, transparan, adil, tidak diskriminatif serta tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, tujuan utama Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, pemahaman Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) selaku pejabat pembuat komitmen.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Anshar menegaskan, peserta harus memanfaatkan kesempatan Bimtek ini dengan sebaik baiknnya, untuk bertanya langsung kepada narasumber terkait dengan berbagai permasalahan yang belum dipahami pada  proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

“Saya harapkan semua yang hadir disini, dapat memahami semua materi yang diberikan oleh narasumber, jika ada yang belum jelas tentang proses pengadaan barang dan jasa bisa langsung bertanya ke narasumber, di sesi tanya jawab nanti,” jelasnya.

Lebih jauh, Muhammad Anshar menjelaskan, terlaksananya proses lelang barang dan jasa, setiap SKPD perlu mempersiapkan dokumen lengkap, sehingga proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dapat berjalan sesuai aturan.

“Secara fisik dokumen yang dibutuhkan haruslah lengkap untuk memudahkan Pokja memproses pelaksanaan lelang pengadaan barang dan jasa.Tergantung bagaimana setiap SKPD menyiapkan dokumen tersebut dan saya harap dalam waktu dekat, dokumen yang dibutuhkan sudah rampung semua,” jelasnya.

Untuk diketahui, narasumber Bimtek tersebut, yaitu Kepala Unit Tipikor Satreskrim Polrestabes Makassar Iptu. Dr. Supriadi beserta Kasi Pengawasan Kejaiksaan Negeri Makassar Wulaniliana SH.MH. Dihadiri pula oleh jajaran SKPD, Pokja, dan PPK lingkup pemerintah kota Makassar.

Leave a Reply