Jadwal Verifikasi Siswa untuk SNMPTN 2019 Berakhir Hari ini

Ilustrasi Siswa sedang melakukan verifikasi SNMPTN 2019

Ilustrasi Siswa sedang melakukan verifikasi SNMPTN 2019.

Jakarta, PANRITA.News – Siswa yang sudah didaftarkan sekolah untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2019) diimbau untuk melakukan verifikasi. Pasalnya, tenggat waktu verifikasi siswa untuk SNMPTN 2019, Selasa (29/1) hari ini.

SNMPTN sebuah kompetisi, kalau tidak melakukan (verifikasi), ya out (keluar),” kata Koordinator Pelaksana Teknis SNMPTN Budi Prasetyo Widyobroto, seperti dikutip Harian Nasional, Senin (28/1).

Dia menjelaskan, tahapan verifikasi akan dibuka hingga Selasa malam pukul 22.00 WIB. Verifikasi bagian dari tahapan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Budi berharap verifikasi ini bisa dimanfaatkan optimal oleh siswa. Pasalnya, panitia telah memberikan perpanjangan waktu pelaksanaan menyangkut tahapan pengisian dan verifikasi PDSS.

“Sudah melalui masa perpanjangan mulai 25 Januari hingga 29 Januari,” ujar Budi.

Dari pendataan hingga Senin pukul 18.00 WIB, siswa yang sudah verifikasi sebanyak 779.423 orang. Jumlah ini masih akan bertambah.

Menurut Budi, tahapan sekolah untuk melakukan finalisasi data sudah ditutup, Minggu (27/1). Sekolah yang melakukan finalisasi data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebanyak 14.888. Sebelumnya, ada 18.206 sekolah yang melakukan pengisian data.

“Jadi, ada 3.318 sekolah yang berpotensi mengisi dan memfinalisasi PDSS, tapi tidak melakukan.”

Salah satu ketentuan umum SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan semester satu hingga semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu hingga semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019 mengacu laman snmptn.ac.id, diawali tahapan pengisian dan verifikasi PDSS (4 Januari hingga 25 Januari 2019), pendaftaran SNMPTN (4-14 Februari 2019), dan pengumuman hasil seleksi pada 23 Maret 2019.

Panitia Diingatkan Antisipasi Kecurangan

Pengamat Pendidikan Edy Suandi Hamid mengingatkan agar panitia bisa mengantisipasi kecurangan yang masih berpotensi terjadi terkait SNMPTN. Sebab, sekolah biasanya berlomba-lomba agar siswa mereka bisa diterima dalam SNMPTN.

“Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dari pihak tim atau panitia SNMPTN. Kalau ada keraguan dalam data perlu dilakukan pemeriksaan ulang atau secara sampling melakukan pemeriksaan.”

Tinggalkan Komentar