Jokowi Kebut Infrastruktur Sebelum Pilpres, JK: Kalau Sukses, Pasti Dipilih Lagi

Jakarta, PANRITA.News – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi keinginan Presiden Jomo Widodo (Jokowi) mempercepat penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur sebelum pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Menurut JK, jika proyek dapat selesai sesuai target akan berdampak positif pada keterpilihan Joko Widodo.

“Bahwa punya efek ya pasti saja. Pemerintah pasti begitu, pemerintah mana saja harus sukses. Kalau sukses kan pasti dipilih lagi kan,” ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (27/11).

JK menjelaskan sejatinya setiap proyek infrastruktur telah memiliki target penyelesaian masing-masing. Ia menyebut ada sejumlah proyek yang dapat selesai dalam waktu singkat namun ada pula yang harus dikerjakan dengan sistem multiyears atau berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu.

“Jadi ya sebenarnya tergantung. Jangan lupa April sekitar lima bulan lagi, sedangkan ada yang kerjanya multiyears sehingga tidak semua bisa selesai,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo mengaku ingin mempercepat penyelesaian berbagai proyek infrastruktur demi pilpres dan libur lebaran tahun depan. Selain tol, ia juga memastikan bakal mengebut pembangunan infrastruktur lain, misalnya pelabuhan.

Pengakuan tersebut disampaikannya dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan pada hari ini, Selasa (27/11/2018).

“Maka itu, saya tanya yang di lapangan, katanya selesai Juni atau Juli 2019. Saya bilang jangan, saya maunya April, kenapa April? Kalian tahu kan. Bukan apa-apa, ya ini supaya bisa dipakai untuk Lebaran, termasuk untuk pemilu juga, ya saya blak-blakan saja,” ujarnya.

Jokowi diketahui kembali mencalonkan diri menjadi presiden untuk kedua kalinya tahun depan. Ia menggandeng Ma’ruf Amin sebagai pasangannya.

Tinggalkan Komentar