Pemilu Dilaksanakan 5 Bulan Lagi, KPU Telah Distribusikan 76 Persen Logistik

Jakarta, PANRITA.News – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyatakan persiapan Pemilu telah selesai.. Hal itu diungkapkan Arif usai menggelar rapat konsolidasi persiapan pemilihan umum 2019 mendatang di Ecovention Park Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/11).

Arief menyebut, logistik yang telah 100 persen selesai adalah kotak suara. 76 persen telah didistribusikan ke berbagai daerah prioritas karena letak geografisnya.

“Jumlah kotak suara yang sudah selesai diproduksi 100 persen, 76 persennya sudah didistribusikan ke satuan kerja Kabupaten/Kota,” ujar Arief.

Dia menambahkan item logistik lainnya seperti tinta dan hologram masih pada tahap produksi.

Sementara produksi surat suara diakui Arief belum dikerjakan sehubungan masih adanya tahap perbaikan daftar pemilih tetap (dpt) Pemilu 2019.

Seperti yang diketahui berdasarkan hasil rapat pleno, KPU menetapkan jumlah DPT sebanyak 189.144.900, Kamis (15/11/2018). Jumlah itu masih berubah seiring masa perbaikan DPT selama 30 hari.

Arief meyakini, perbaikan daftar pemilih tetap selanjutnya merupakan perbaikan terakhir mengingat produksi surat suara akan dilakukan pada 2 Januari.

“Nanti akan ada surat suara. Surat suara akan mulai produksi tanggal 2 Januari diperkirakan Februari mulai didistribusikan,” tandasnya.

Dari rangkaian produksi hingga distribusi logistik, Arief mengatakan, seluruhnya sesuai waktu yang ditargetkan. Sehingga terkait produksi logistik, Arief menegaskan pihaknya telah menghemat anggaran tahun 2018 sekitar Rp 548 miliar.

Dia mengharapkan anggaran selanjutnya penghematan lebih maksimal.

“Bisa dihemat karena 9 item logistik yang kita adakan itu lelang melalui e-catalogue. Jadi kita akan dorong pada saatnya nanti seluruh logistik Pemilu harus diadakan melalui e-catalogue supaya terjadi penghematan yang luar biasa,” imbuhnya.

Leave a Reply