DPPKB Bontang Jelaskan Fungsi dan Kriteria Terbentuknya Kampung KB

Kepala DPPKB Kota Bontang, Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – Sejak 2016 program Kampung KB (Keluarga Berencana) dirancang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kampung KB adalah program pusat, program ini setingkat dengan RT/Dusun.

Untuk itu di setiap Kota harus memiliki kampung tersebut, karena memiliki tiga fungsi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai syarat dibentuknya Kampung KB dalam suatu wilayah.

Adapun fungsi tersebut ialah, pertama, tersedianya data kependudukan yang akurat, Kedua adanya dukungan dan ketiga komitmen Pemerintah Daerah dalam menekan lajunya perambahan penduduk.

“Kemudian partisipasi aktif masyarakat juga diperlukan, selain itu ada pula kriteria wilayah untuk ditetapkan sebagai Kampung KB,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang, Kamis (29/4/2021).

Selanjutnya Bahtiar menyampaikan, Adapun kriteria dalam memilih atau menentukan tempat yang akan dijadikan lokasi Kampung KB sesuai kondisi geografis wilayah.

Diantaranya, kampung tersebut berada di wilayah pesisir, lokasi industri, tampak kumuh, berada di perbatasan atau daerah terpencil.

“Dalam pembentukan kampung KB, pertama tentunya diwilayah tersebut pra sejahteranya itu meningkat. Yang kedua, cakupan KB rendah sehingga nanti dilakukan pendekatan terhadap masyarakat,” sambungnya.

Dia berharap kampung KB ini bisa menjadi wadah dalam menjalankan program-program yang dapat membantu terwujudnya pembangunan keluarga.

“Artinya membentuk suatu wadah untuk menjalankn suatu program sehingga bisa lebih dekat dengan pembangunan yang bisa kita laksanakan,” terangnya.

Kendati itu, pihaknya akan berupaya menjadikan setiap kelurahan memiliki kampung KB, agar dalam melakukan penyuluhan lebih dekat dengan masyarakat.

“Ketika ini bisa dilaksanakan, maka penyuluhan KB bisa berjalan dengan baik dan cepat. Jadi apapun yg dibutuhkan masyarakat, kalau ada di situ (Kampung KB). Koordinasinya lebih mudah,” tutupnya.

Saat ini Kota Bontang telah memiliki 4 Kampung KB,

  1. Kampung KB Pangung Lestari Di Btg Lestari;
  2. Kampung KB Wilis Sejahtera Di Kecamatan Bontang Barat;
  3. Kampung KB Mekar Sari Di Berbas;
  4. Kampung KB Mutiara Laut Diloktuan.

Tinggalkan Komentar