Banjir Kepung Jakarta, 1.380 Warga Mengungsi

Ilustrasi banjir di DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, PANRITA.News – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dilanda banjir usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur, Sabtu, (20/2/2021), dini hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan akibat banjir sebanyak 1.380 warga mengungsi dari rumahnya akibat banjir tersebut.

“Total jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa,” kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, bencana banjir yang terjadi akhir pekan ini melanda pemukiman di kawasan Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

Rinciannya, 29 RW terdampak di Jakarta Selatan terdiri dari 44 RT dengan ketinggian 40 sentimeter hingga 150 sentimeter, pengungsi tujuh Kepala Keluarga (KK) dengan total 19 jiwa.

Sementara di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak, terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40-180 cm. Ada 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Lalu di Jakarta Barat ada 4 RW dan 6 RT terdampak banjir

“Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak,” kata Sabdo.

Ia mengatakan saat ini kebutuhan mendesak yang diperlukan pengungsi berupa logistik, perahu, makanan, minuman, alat kesehatan, kebutuhan keluarga, matras, selimut, dan masker.
Dia meminta agar seluruh warga Jakarta bisa membantu penyediaan kebutuhan mendesak. Sehingga kebutuhan pengungsi bisa terpenuhi.

“Pemprov DKI Jakarta turut memanggil bagi seluruh masyarakat untuk berkolaborasi bersama meringankan pengungsi di Ibu Kota,” tuturnya.

Sementara itu dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Jika terjadi keadaan darurat, warga diminta menghubungi call center 112.

Tinggalkan Komentar