Jokowi Minta Warga Kritik Pemerintah, JK: Bagaimana Caranya Tanpa Dipanggil Polisi?

Jusuf Kalla (JK).

Jusuf Kalla (JK).

Jakarta, PANRITA.News – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat agar aktif mengkritik pemerintah.

JK menegaskan bahwa bagaimana caranya agar masyarakat bisa mengkritik pemerintah tanpa harus dipanggil polisi.

“Harus ada check and balance, ada kritik dalam pelaksanaanya. Walaupun mendapat berbagai kritik beberapa hari lalu, Presiden mengumumkan ‘silakan kritik pemerintah.’ Tentu banyak pertanyaan, bagaimana caranya mengkritik pemerintah tanpa dipanggil polisi. Ini tentu menjadi bagian dari upaya kita,” kata Jusuf Kalla dalam diskusi virtual di kanal PKSTVRI, Sabtu (13/2/2021).

Pada kesempatan itu, JK juga membahas soal demokrasi di Indonesia yang sulit diterapkan karena mahal menurutnya.

“Demokrasi kita terlalu mahal. Akhirnya, demokrasi tidak berjalan dengan baik. Untuk menjadi anggota DPR saja butuh berapa, menjadi bupati dan menjadi calon pun butuh biaya. Karena demokrasi mahal, maka kemudian menimbulkan kebutuhan untuk pengembalian investasi. Maka disitulah terjadinya menurunya demokrasi. Kalau demokrasi menurun, maka korupsi juga naik. Itulah yang terjadi,” jelasnya

JK pun mengajak semua stakeholder terkait lebih mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya.

Ketua PMI ini meminta agar hak-hak masyarakat tetap terjaga demi menjaga iklim demokrasi yang baik.

“Karena itu, kita harus menjaga kepentingan masyarakat, untuk ada tetap menjaga dari rakyat harus melihat pelaksanaan pemerintah yang baik secara demokratis, hak-hak terjaga tapi juga ingin manfaatnya boleh saja demokrasi berjalan tanpa manfaat untuk rakyat itu tidak terjadi, maka demokrasi tidak berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sebelumnya, pernyataan Jokowi yang meminta warga lebih aktif menyampaikan kritik itu disampaikan dalam pidatonya di Laporan Tahunan Ombudsman secara virtual, Senin (8/2). Kritik itu dimaksudkan agar pelayanan publik lebih baik.

Tinggalkan Komentar