Rachmat Gobel Akan Jadikan Gorontalo Lumbung Pangan di Indonesia Timur

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (RG) melakukan panen raya di Desa Hutabohu Limboto Barat, Gorontalo, Rabu (27/1/2021).

Gorontalo, PANRITA.News – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (RG) melakukan panen raya di Desa Hutabohu Limboto Barat, Gorontalo, Rabu (27/1/2021).

Didampingi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmat Pribadi, Kementerian Pertanian, OJK, LIPI dan Perbankan, Rachmat Gobel berharap akan semakin memperkuat program pertanian yang terstruktur, sistematis dan masif menuju Gorontalo sebagai lumbung pangan di Indonesia Timur.

“Tujuan saya hanya bagaimana petani di Gorntalo bisa sejahtera, dan ekonomi mereka stabil. Alhamdulillah saat ini hasil panen mereka naik hingga 100 %, yang biasanya hanya 5 Ton/ hektar, sekarang sudah 10 Ton/ hektar,” kata Rachmat Gobel kepada wartawan.

Selain itu, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem ini menambahkan dengan membangun sebuah ekosistem pertanian dan menjadikan koperasi tani sebagai motor penggerak utama, dipastikan akan meningkatkan hasil pertanian di Gorontalo.

”Tahun 2020 saya sudah kasih tambahan model 500 juta untuk Koperasi Tani yang ada di Kabupaten Gorontalo, tahun ini akan saya tambah lagi 500 juta, tapi dengan catatan koperasinya harus maju dan hasil penen petani harus meningkat,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pupuk Kaltim, Rahmat Pribadi, mengungkapkan dukungannya atas program yang dicetus oleh RG untuk membangun ekosistem pertanian di Gorontalo.

“Program yang dilakukan oleh Pak Rachmat Gobel ini sangat baik untuk peningkatan produktifitas pertanian di Gorontalo, kami dari PT. Pupuk Kaltim akan mengawal dan mendukung penuh program ini,” ujar.

Terkait kestabilan harga penjualan hasil pertanian, RG sudah memikirkan hal tersebut dan solusinya sudah ada, yakni hasil pertanian mereka di beli oleh koperasi sehingga harga tidak dipermainkan oleh oknum-oknum nakal, dan solusi jangka panjangnya adalah pembanguan industri pertanian di Gorontalo.

Tinggalkan Komentar