Pemerintah Resmi Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020

Foto: Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi

Foto: Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Jakarta, PANRITA.News – Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi mengumumkan bahwa pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji 2020 dari Indonesia.

Keputusan tersebut diambil mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

“Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2020 atau tahun 1441 Hijriah,” kata Menag dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di YouTube, Selasa (2/6/2020).

Fachrul Razi menyampaikan, pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2020 tersebut berlaku utuk seluruh WNI yang akan menjalankan ibadah haji 2020, baik haji reguler, haji khusus, haji dengan undangan khusus, maupun haji dengan visa khusus yang diterbitkan Kerajaan Arab Saudi.

Fachrul Razi menegaskan bahwa keputusan ini diambil dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya pemerintah Arab Saudi hingga saat ini masih belum membuka akses bagi negara mana pun akibat pandemi Covid-19.

“Tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah,” ujar Fachrul.

Fachrul juga menyampaikan bila pemerintah telah berupaya maksimal.

Namun keputusan pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji pada 2020 ini harus diambil meski pahit.

Ia menyebut, pemerintah tidak punya cukup waktu untuk persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah haji karena pandemi Covid-19 masih melanda Arab Saudi dan Indonesia.

Tinggalkan Komentar