Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Pandemi Covid-19 Uji Daya Juang Kita

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: ANTARA)

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara Hari Lahir Pancasila secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, (1/6/2020).

Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan pesan bahwa beratnya situasi saat ini. Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia dan negara-negara lain di dunia, membuat kerja keras harus dilewati seluruh bangsa.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa,” ujar Jokowi

Jokowi mengatakan hal ini yang menguji daya juang, kedisiplinan, kepatuhan, dab ketenangan Indonesia dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat.

“Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur Pancasila tetap menjadi bintang penjuru, untuk menggerakkan kita semua,” kata Jokowi.

Sejalan dengan hal tersebut, nilai-nilai Pancasila harus terwujud nyata serta menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan, bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, serta menjadi nilai yang terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

“Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita pada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” kata Presiden.

Dalam upacara juga diikuti oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sekaligus Presiden Indonesia ke kelima Megawati Soekarnoputri, hingga seluruh menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Tinggalkan Komentar