Lionel Messi: Sepak Bola Tidak Akan Pernah Sama

Lionel Messi Nantikan Real Madrid yang Kuat di El Clasico

Lionel Messi menunjukan trofi Ballon dOr 2019 ke publik Camp Nou sebelum laga Barcelona vs Real Mallorca, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo

Kalimat itu akhirnya keluar dari mulut pesepak bola terbaik di dunia. Tentang bagaimana situasi sepak bola usai pandemi virus corona, Lionel Messi yakin situasinya tidak akan sama seperti sediakala.

Perkiraan tentang perubahan sepak bola memang sudah dilontarkan sejumlah legenda dan ahli sejak beberapa pekan terakhir. Mereka beramai-ramai bersepakat: wajah sepak bola bakal berbeda.

Perbedaan yang dimaksud pun tidak hanya satu, melainkan sederet perubahan besar. Mulai dari latihan dalam protokol ketat, pertandingan tanpa penonton, sampai juara tanpa selebrasi.

Hal-hal itu sudah disampaikan sejumlah ahli, tapi masih ada yang meragukannya. Kini Messi sendiri berkata seperti itu, yang sepertinya bakal sulit dibantah.

Kehilangan yang Dicintai

Bagi Messi, sepak bola tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan penderitaan ribuan orang yang kehilangan terkasihnya. Virus corona begitu kejam, mereka yang kehilangan tidak bisa mengantar kepergian keluarga atau siapa pun yang dikasihi.

“Hampir semua orang masih ragu-ragu tentang bagaimana dunia setelah semua yang terjadi,” buka Messi kepada El Pais via Marca.

“Terlepas dari karantina wilayah dan situasi yang mengejutkan ini, banyak orang yang benar-benar kesulitan karena situasi ini, seperti mereka yang kehilangan kelularga dan teman, dan bahkan tidak bisa mengucapkan selamat tinggal.”

“Saya kira ada banyak sisi negatif dalam krisis ini, tapi tidak ada yang lebih buruk dari kehilangan seseorang yang sangat Anda cintai. Itu menimbulkan rasa frustrasi yang sangat besar dan bakal terasa tidak adil,” imbuhnya.

Sepak Bola Tidak Akan Sama

Lebih lanjut, Messi pun bicara soal wajah sepak bola ketika kembali dilanjutkan nanti. Saat ini baru Bundesliga yang melanjutkan musim dan situasinya benar-benar berbeda. Karena itulah Messi tahu hal serupa bakal terjadi di La Liga dan liga-liga lainnya.

“Sepak bola, secara umum, tidak akan pernah sama. Tapi tidak hanya sepak bola, saya kira kehidupan pun tidak akan pernah sama,” sambung Messi.

Barcelona masih harus memainkan 11 pertandingan sisa di La Liga, juga masih berjuang di 16 besar Liga Champions. Meski situasinya berbeda, Messi tahu bahwa kewajiban untuk menjuarai dua kompetisi itu tetap sama.

Sumber: El Pais, Marca
Disadur dari Bola.net

Tinggalkan Komentar