Hardiknas 2020, Jokowi: Pandemi Covid-19 Beri Banyak Pelajaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jakarta, PANRITA.News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020.

Jokowi mengungkapkan bahwa, Hardiknas di tengah pandemi virus Corona telah memberi begitu banyak pelajaran.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun media sosial resminya pada Sabtu (2/5/2020).

Dia mengatakan pandemi Covid-19 tidak hanya soal bagaimana memutus mata rantai penularannya, tapi juga soal bagaimana agar anak-anak bisa tetap belajar.

“Pandemi Covid-19 telah memberi kita begitu banyak pelajaran, tidak hanya tentang upaya memutus mata rantai penularannya, tapi juga bagaimana anak-anak kita tetap belajar, dan bagaimana sekolah-sekolah berkreasi memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar,” tulis Jokowi.

Sementara itu, Mendikbud Nadiem Makarim dalam pidatonya menyampaikan, kondisi pandemi yang saat ini melanda menciptakan banyak pembelajaran baru tidak hanya buat guru, siswa dan orang tua, namun juga untuk masyarakat Indonesia.

“Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di masayarakat kita pada saat pandemi Covid-19 ini merupakan sebuah pembelajaran yang harus kita kembangkan bukan hanya di masa krisis ini tetapi pada saat masa krisis ini sudah berlalu,” ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan, bahwa dalam masa Covid-19 ini merupakan waktu yang baik untuk kita berinovasi dalam hal pendidikan agar bisa menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

“Belajar memang tidak selalu mudah, tapi ini saatnya kita berinovasi, ini saatnya kita bereksperimentasi, ini saatnya kita mendengar hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” jelas Nadiem.

Tinggalkan Komentar