Hardiknas 2020, Ini Pesan Menyentuh Mendikbud Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Foto: Kompas.com)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, PANRITA.News – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan beberapa pesan di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di tengah pandemi Covid-19. 

Hal itu ia sampaikan melalui pidatonya pada video live streaming YouTube Upacara Hardiknas 2020 yang dilakukan secara terpusat, terbatas, serta memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi pada Sabtu (2/5/2020).

Secara khusus, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga mengangkat “Belajar dari Covid-19” sebagai tema Hardiknas 2020. 

Dalam pesannya, Nadiem mengajak seluruh insan pendidikan di tanah air mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis Covid-19. 

Menurut Nadiem, kondisi pandemi yang saat ini melanda menciptakan banyak pembelajaran baru tidak hanya buat guru, siswa dan orang tua, namun juga untuk masyarakat Indonesia.

“Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di masayarakat kita pada saat pandemi Covid-19 ini merupakan sebuah pembelajaran yang harus kita kembangkan bukan hanya di masa krisis ini tetapi pada saat masa krisis ini sudah berlalu,” ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan, bahwa dalam masa Covid-19 ini merupakan waktu yang baik untuk kita berinovasi dalam hal pendidikan agar bisa menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

“Belajar memang tidak selalu mudah, tapi ini saatnya kita berinovasi, ini saatnya kita bereksperimentasi, ini saatnya kita mendengar hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” jelas Nadiem.

Dari pesannya jug, Nadiem menegaskan bahwa perlu digaris bawahi ada 3 pesan dalam menjalankan pendidikan yang efektif. Dimana membutuhkan kolaborasi efektif dari tiga hal yakni guru, siswa, dan orang tua. 

“Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” pungkasnya

Nadiem berpesan agar kita terus menerapkan anjuran dari Presiden untuk bersama-sama bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

“Terima kasih sudah menerapkan anjuran bapak Presiden untuk hidup bersih dan sehat. Marilah kita bersama-sama bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan belajar dari rumah,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar