Sempat Tak Sadar 14 Hari, Ini Kisah Menhub Budi Karya Sembuh dari Covid-19

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Jakarta, PANRITA.News –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menceritakan pengalaman saat berjuang melawan virus Corona (Covid-19) hingga saat ini ia sudah kembali pulih.

Menhub Budi mengaku awalnya ia tidak tahu bahwa dia terkena virus Corona.

“Saya gak tahu kalau kena Covid-19. Karena dari data laboratorium menunjukkan tifoid. Makanya sempat saya sampaikan kepada teman-teman bahwa saya tifoid,” jelas Budi Karya, Senin (27/4/2020).

Saat itu, Budi Karya sempat berdiskusi secara intensif dengan tim dokter. Dia sempat bertanya mengenai kondisinya apakah disebabkan Covid-19.

Namun belakangan dia baru tahu setelah beberapa waktu dirawat di Rumah Sakit.

“Pada saat dinyatakan saya masuk RS, di tengah-tengah itu saya dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Budi juga tidak tahu persis tertular virus tersebut di mana. Namun, yang pasti, dia menduga hal ini karena banyaknya tugas sebagai menhub.

“Saya memang melakukan kegiatan fisik yang mungkin berlebihan sehingga pada saat ada virus terpaksa harus terkena. Bukan saya saja di Kemenhub, rombongan saya ada kurang lebih ada 7,” imbuhnya.

Bahkan selama dirawat, Budi mengaku sempat tak sadarkan diri selama 14 hari. Setelah beberapa hari sadar dan hasil tes menyatakan negatif, dia akhirnya meminta dirawat di rumah.

Budi pun meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto pada 31 Maret 2020. Ketika kondisi sadar itulah dia baru mengalami banyak tantangan yang membuat dia harus berjuang menghadapi masa pemulihan.

“Saya gak sadar 14 hari, 4 hari setelah sadar saya pulang. Tentu pada saat sadar, belum terlalu fokus. Karena saya memikirkan bagaimana musti menyikapi diri saya,” katanya.

Lebih lanjut budi bercerita soal perlakuan tim medis yang  begitu baik.

“Dokter baik-baik tapi saya musti mandiri, saya harus semangat. Belum mikir negara dulu, gimana musti duduk, ke belakang, musti doyan makan, itu saya improve,” ujarnya.

Bahkan untuk mengusir kejenuhan, Budi sempat mengasah kembali bakatnya di bidang arsitektur.

“Saya kan arsitek. Saya gambar rumah lalu saya berikan ke anak saya. Saya bilang, ini nanti kalau mau bangun rumah saya sudah bikin gambarnya, yang seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu usai pemulihan, kini Menhub Menteri Budi Karya Sumadi sudah mulai beraktivitas seperti sedia kala.

Mulai Senin, (27/4/2020), dia sudah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Tinggalkan Komentar