Cegah Covid-19, Jurusan Kesmas dan ENVIHSA UIN Alauddin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Penyemprotan Disinfektan di Kampus UIN Alauddin Makassar.

Penyemprotan Disinfektan di Kampus UIN Alauddin Makassar.

Gowa, PANRITA.News – Virus Corona sampai hari ini masih menjadi perbincangan hangat dan sekaligus kekhawatiran tersendiri untuk masyarakat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wabah virus ini pada siaran pers di Istana Negara pada 2 Maret 2020 lalu.

Hingga hari ini pandemi virus corona di Indonesia terus berkembang dan sudah mencapai 514 kasus dan 48 pasien meninggal dunia, dengan kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi pertama dilihat dari fatality rate hingga mencapai 8%.

Dari Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan melaporkan hingga hari ini terdapat 2 orang positif corona, 1 diantaranya masih di rawat dan 1 meninggal dunia.

Dilaporkan pula jumlah Orang dalam Pengawasan (ODP) 95 orang dengan rincian 83 proses pemantauan dan 12 selesai pemantauan. Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 28 pasien dengan rincian 21 masih di rawat dan 7 pulang dan sehat.  2 positif, 1 meninggal 1 masih dirawat.

Untuk turut andil dalam pemutusan rantai penyebaran virus corona, Jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) bersama relawan Environment Health Students Association (ENVIHSA) menggelar aksi penyemprotan disinfektan di seluruh Gedung Kampus UIN Alauddin.

Selain ENVIHSA sejumlah lembaga juga ikut tergabung dalam tim Satgas Covid-19 UIN Alauddin, diantaranya Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI), Bidang Kesehatan Masyarakat HMI Cabang Gowa Raya, HMI Komisariat Kedokteran dan Ilmu Kesehatan serta Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FKIK.

Dalam aksi penyemprotan tahap pertama dilaksanakan di Gedung Rektorat, LP2M, FKIK dan Poliklinik dan selanjutnya akan dijadwalkan lebih lanjut untuk seluruh UIN Alauddin Makassar selama beberapa hari ke depan.

Koordinator tim Satgas Covid-19 UIN Alauddin, Dr. H.M. Faiz Satrianegara S.KM., M.ARS. mengatakan akan intens melakukan penyemprotan disinfektan.

“Kita akan maksimalkan dan dukung kegiatan penanggulangan ini kedepannya kita akan intens melakukan kegiatan dan aksi untuk UIN Alauddin dan masyarakat sekitar,” katanya.

Senada, Koordinator Tim Teknis, Muh. Kahfi, S.KM, M.Kes, menjelaskan bahwa rencananya bersama tim Satgas Covid-19 akan dilakukan juga aksi penyemprotan di sekitar Kampus UIN Alauddin Makassar.

“Kita siap untuk bersama-sama melakukan hal ini untuk kepentingan masyarakat banyak dan tentunya memutus penyebaran virus ini” ujarnya. Muh. Kahfi.

Sementara itu, Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat, Abd. Majid HR Lagu, S.KM., M.Kes menjelaskan, kedepannya tim ini akan terus melakukan penanganan pencegahan virus corona.

“Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan edukasi pencegahan untuk cleaning service dan security serta masyarakat sekitar UIN Alauddin Makassar yang dalam aktivitasnya bisa jadi terdampak virus ini,” terangnya.

Selain itu, Dr. Wahyudin, M. Hum selaku Wakil Rektor II dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Poliklinik UIN Alauddin akan dijadikan fasilitas kesehatan untuk penanganan corona.

“Poliklinik UIN Alauddin juga akan menjadi fasilitas kesehatan pertama yang turut dalam penanggulangan virus ini,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar