Tolak PT Arco, Ratusan Cleaning Service UIN Alauddin Gelar Aksi Tabur Sampah

Tolak PT Arco, Ratusan Cleaning Service UIN Alauddin Aksi Tabur Sampah

Sampah berhamburan di Lingkungan Kampus UIN Alauddin Makassar.

Gowa, PANRITA.News – Ratusan petugas Cleaning Service (CS) UIN Alauddin Makassar menggelar aksi tabur sampah di lingkungan kampus UIN Alauddin Makassar di Samata Kabupaten Gowa, Selasa (4/2/2020).

Dari pantauan PANRITA.News, hampir seluruh jalan utama dan di halaman gedung-gedung kampus tersebut dipenuhi sampah, bahkan hingga di halaman Gedung Rektorat.

Koordinator petugas cleaning service UIN Alauddin Makassar Abdul Wahid Daeng Tompo mengungkapkan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk penolakan terhadap PT Abadi Raya Commerce (Arco).

Menurut Daeng Tompo sapaan akrabnya, banyak dari Cleaning Service y yang diPHK akibat hadirnya PT. Arco tersebut.

“Dari 150 orang petugas cleaning service, cuma diterima 70-80 orang, hampir 50 persen akan dipecat. Datanya semua itu sudah ada pada PT. Arco,” ungkapnya.

“Tuntutan saya bersama teman-temen adalah PT ini jangan PT Arco. Kalau PT ini masuk akan ada cleaning service yang PHK,” sambung Daeng Tompo.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis dalam pertemuannya bersama dengan PT Arco, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan kebersihan lingkungan kampus.

Menurutnya, kebersihan kampus dirasa butuh penanganan ekstra. Hal tersebut dikarenakan cleaning service yang seringkali tidak berada di tempat saat dibutuhkan. Sehingga hampir setiap hari, ia harus berkeliling kampus untuk mengontrol kebersihan bahkan turut ikut membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

“Setiap pagi saya harus datang ke fakultas-fakultas untuk mengimbau para pimpinan, sepertinya imbauan saya itu sudah menjadi sarapan pagi bagi para dekan,” jelas Prof Hamdan.

Tinggalkan Komentar