Terjadinya Kebakaran Hutan adalah Bukti Kegagalan Pemerintah

Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa, 17 September 2019

Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa, 17 September 2019 (Foto: Antara)

Jakarta, PANRITA.News – Kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kalimantan dan Sumatera bukan hanya soal dibakar orang tertentu, namun juga bukti dari kegagalan pemerintah.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Fraksi Partai Gerindra, Bambang Haryo bahwa Karhutla tersebut merupakan bukti kegagalan pemerintah dalam merawat hutan.

“Hutan kita terbakar akibat dari perawatan yang sangat kurang baik dari Kementerian Kehutanan,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Bambang menjelaskan bahwa menjaga lahan hutan adalah tanggung jawab pemerintah yang sudah tertuang dalam UU 41/1999 tentang Kehutanan.

“Sesuai UU 41/99 Pasal 48 ayat 1 dikatakan bahwa pemerintah pusat dengan pemerintah daerah berkewajiban melindungi hutan kita, merawat hutan dengan baik,” jelasnya.

Menurut Bambang, secara kasat mata masyarakat menjadi pihak paling terdampak dalam kebakaran hutan, seperti halnya gangguan pernafasan dan hingga terhambatnya perekonomian.

Lebih lanjut, karena itu juga negara ikut kehilangan devisa dari potensi wisatawan asing.

“Biasanya pariwisata dari asing pada bulan Agustus sedang rame-nya mereka hadir datang di Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar