Calon Menteri Usulan PDI-P Kewenangan Penuh Wegawati

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (int)

Jakarta, PANRITA.News – Spekulasi mengenai bakal calon Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf terus bergulir. Sejumlah elit gencar melakukan Silaturhmi bersama Presiden terpilih, Joko Widodo. Tidak terkecuali elit PDI Perjuangan.

Di sisi lain, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDI Perjuangan, Ahmad Basarah menegaskan, calon menteri yang akan diajukan kepada Jokowi sepenuhnya merupakan kewenangan penuh Megawati Soekarnoputri.

“Kader PDI Perjuangan yang akan diusulkan kepada presiden sebagai menteri, itu muncul dari kewenangan Ibu Ketum. Kemudian, menjadi menteri itu hak prerogatif presiden,” kata Basarah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, PDIP sebagai partai pengusung utama dan partai pemenang Pemilu 2019, pasti akan mendapatkan porsi untuk membantu Jokowi di kabinet.

Menurut dia, di internal PDIP berlaku hak prerogatif Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memutuskan siapa kader partai yang akan diusung menjadi menteri.

“Karena itu, Ibu Megawati belum menggunakan prerogatifnya, maka dapat dikatakan hingga kini belum ada nama calon dari PDIP kepada Presiden Jokowi,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan belum ada pembicaraan yang spesifik yang membahas postur kementerian, apalagi nama-nama calon menteri kabinetnya.

Leave a Reply