Wakil Sulteng Disebut Berpeluang Duduki Kursi Pimpinan DPD RI

Anggota DPD RI Terpilih, Abdul Rachman Thaha (ART).

Anggota DPD RI, Abdul Rachman Thaha (ART).

Palu, PANRITA.News – Anggota DPD RI Terpilih, wakil Sulawesi Tengah (Sulteng) Abdul Rachman Thaha (ART) disebut-sebut berpeluang menduduki kursi ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024.

Hal tersebut disampaikan sumber Panrita News bersama sejumlah nama anggota DPD RI terpilih lainnya dari wilayah Indonesia Timur.

Selain ART, nama lain yang saat ini santer disebut berpeluang menduduki kursi pimpinan DPD RI di antaranya, Nono Sampono (Maluku), Mahyudin (Kalimantan Timur), Ajiep Padindang (Sulawesi Selatan), dan Tamsil Linrung (Sulawesi Selatan).

“Nama-nama tersebut dianggap sebagai representatif dari wilayah Indonesia Timur,” kata Sumber.

Diketahui, Abdul Rachman Thaha (ART) merupakan pendatang baru di Kursi DPD RI yang akan dilantik 1 Oktober mendatang.

ART kemudian dinilai memiliki kans besar untuk bertarung dalam perebutan kursi Pimpinan DPD RI nantinya.

“Usia ART yang masih muda sehingga menjadi representatif kaum milenial saat ini,” ungkap Sumber.

Doktor Hukum Tata Negara ini juga dianggap punya pengalaman di berbagai Organisasi sehingga punya kualitas dan kapasitas yang mumpuni dalam penguatan Lembaga DPD RI ke depan.

Belum lagi, ART diketahui saat ini menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslim Indonesia (PARMUSI) Sulawesi Tengah.

Sementara itu, nama lain Nono Sampono merupakan anggota DPD petahana asal Maluku. Ia memasuki periode kedua menjadi senator RI. Nono adalah mantan wakil ketua DPD RI periode 2014-2019.

Nama lain, Mahyuddin asal Kalimantan Timur (sekarang wakil ketua MPR). Sebelumnya ia menjabat Bupati Kutai Timur ke-2 pada periode tahun 2003 hingga 2006. Tahun 2009-2014 ia menjabat sebagai anggota komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat pada periode 2009–2014 dari Partai Golkar.

Calon lain yang disebut adalah Ajiep Padindang (petahana) Sulsel. Sebelum bergabung dengan DPD RI, Ajiep merupakan Wakil Ketua DPP I Partai Golkar Sulsel periode tahun 2003 – 2004, dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode  tahun 1999 – 2004.

Nama yang mencuat juga adalah, Tamsil Linrung. Pendatang baru di DPD ini bukan nama baru di Senayan. Sebelumnya, Tamsil merupakan Anggota DPR RI dua periode dan menjabat sebagai Ketua Banggar DPR RI.

Sementara, nama-nama yang juga diaebut berpeluang dari Wilayah Barat yaitu, Kanjeng Ratu Hemas (DIY), Jimly Asshiddiqie (DKI Jakarta),  dan La Nyalla Mattalitti (Jawa Timur).

Tinggalkan Komentar