Kapolri Ajak Warga Waspadai Aksi Teroris saat Mudik

Ngawi, PANRITA.News –┬áKepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Tito Karnavian mengimbau masyarakat, serta anggota Polri dan TNI mewaspadai aksi teroris saat mudik lebaran 2019.

Menurut Tito, Ramadhan dianggap sebagai bulan yang tepat untuk ‘berjihad’ oleh para teroris. Hal itu disampaikan Tito saat memantau posko mudik di KM 575 ruas Tol Solo-Ngawi.

“Kita tidak ingin ambil risiko (aksi teroris) dalam pengaman mudik ini. Petugas pos yang bertugas kita minta didampingi anggota yang berpakaian dinas, baik dari Polri maupun teman teman dari TNI,” kata kapolri, Sabtu (1/6/2019).

Tito meminta masyarakat maupun TNI dan Polri untuk meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik lebaran. Polri dan TNI harus bisa sedini mungkin mencegah aksi terorisme yang mengancam perayaan Idul Fitri.

“Jadi rekan-rekan mungkin tahu, bahwa bulan Ramadhan bagi kita bulan suci, tapi bagi teman-teman yang hobinya melaksanakan aksi terorisme, bagi mereka merupakan amaliah. Amalan di bulan Ramadhan justru katanya amalannya bertambah,” terangnya.

Kapolri juga memberikan gambaran keterkaitan dari 15 kelompok teroris yang sudah di tangkap. Semua pelaku masih saling keterkaitan dengan non Surabaya, Bekasi serta Solo adalah aliran Jamaah Ansharut Daulah.

“Beberapa kejadian yakni penyerangan kepada petugas pos polisi di Solo, di Jawa Barat, juga di jalan tol saat petugas patroli ditembak gugur. Berkaca pengalaman itu kita waspada ada kelompok-kelompok dalam operasi yang dilakukan ada penangkap. Jaringan Lampung Sumatera Utara yang terkait dengan jaringan Jakarta itu kelompok pertama,” katanya.

“Kelompok kedua di Jawa Barat sempat amankan senjata api dengan 15 tersangkap ditangkap. Masih di kembangkan yaitu pengembangan dari kasus kelompok di Bekasi tapi semua terkoneksi bukan hanya di lokal. Yang di Lampung terkoneksi dengan Sibolga. Terkoneksi dengan yang Sumatera Utara, dengan yang ada di Jakarta mereka juga terkoneksi dengan di Jatim. Ini semua terkait dengan satu jaringan sama yang disebut jamaah Ansharut Daulah,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar