Jokowi: Keberatan Hasil Pemilu? Ya ke Mahkamah Konstitusi

Ir. Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)

Makassar, PANRITA.News – Jokowi menanggapi soal pihak yang keberatan dengan hasil pemilu 2019 untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Sebab, hal itu sudah jelas diatur dalam undang-undang.

“Negara kita ini aturan mainnya, konstitusinya, undang-undangnya, aturannya, jelas. Ikuti,” tulis Jokowi dalam akun twitternya, @Jokowi, Rabu (15/5/2019).

“Keberatan atas hasilnya? Ya ke Mahkamah Konstitusi,” sambungnya.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan penolakan terhadap perhitungan resmi yang dilakukan oleh KPU karena dinilai penuh kecurangan.

Sebaliknya, Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi mengklaim mereka memenangi Pilpres 2019 dengan perolehan suara 54,24 persen dan Jokowi-Maruf Amin 44,14 persen.

Perolehan suara yang diklaim hasil perhitungan internal paslon 02 itu bertolak belakang dengan hasil Situng KPU yang sudah menembus 82,68 persen data masuk.

Perhitungan KPU menunjukkan Jokowi-Maruf Amin unggul dengan 56,23 persen dan Prabowo-Sandi kalah dengan 43,77 persen.

Meski mengklaim ada kecurangan, namun Dewan Penasihat DPP Partai Gerindra Raden Muhammad Syafi’i mengatakan, Prabowo-Sandi tidak akan mengajukan gugatan ke MK. Ia mengaku pihaknya sudah tidak percaya lagi terhadap Mahkamah Konstitusi.

Leave a Reply