Ingatkan ASN Jelang Pemilu, Mendagri: Hari-hati Tangan dan Jari

Jakarta, PANRITA.News – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali mewanti-wanti aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap netral terkait Pemilu 2019. Bahkan, Tjahjo mengimbau ASN agar berhati-hati terhadap gestur tubuh. Hal itu menurutnya bisa saja dikaitkan dengan Pilpres 2019.

Hal itu diungkapkan Tjahjo dalam sambutan serah-terima jabatan Plt Dirjen Otonomi Daerah (Otda) dan Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

“Kami hanya ingatkan pada seluruh ASN dalam konteks hadapi Pemilu yang sisa 1,5 bulan ini, tunjukkan netralitas ASN. Di mana Anda bertugas resmi untuk netral. Hati-hati tangan, jari, gerakan, ucapan-ucapan karena posisi ASN adalah netral,” ujarnya.

Posisi ASN itu disebut Tjahjo berbeda dengan kepala daerah yang diusung parpol. Kepala daerah berhak mengajukan cuti kampanye dengan mengikuti aturan.

Tapi di sisi lain, ASN ditegaskan Tjahjo wajib menaati perintah atasannya yakni bupati, wali kota, gubernur, menteri juga presiden.

“Juga wajib hukumnya sosialisasikan program-program pemerintah kerja. Pisahkan pada posisi politik pada pileg dan pilpres. Anda semua harus netral di sisi lain anda harus taat dan patuh melaksanakan tugas sosialisasikan program presiden terpilih, gubuernur, dan wali kota di seluruh tingkatan yang ada,” terang Tjahjo.

Leave a Reply