Jokowi Imbau Gubernur Harus Jadi Komandan Satgas Darurat Jika Terjadi Bencana

Surabaya, PANRITA.News –┬áPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal proses koordinasi dalam penanggulangan bencana. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan dalam Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Jokowi mengatakan jika terjadi bencana di suatu daerah, maka Gubernur provinsi tersebut menjadi Komandan Satgas Darurat. Hal ini disebut Jokowi berlaku secara otomatis.

“Apabila ada kejadian bencana, maka ini otomatis kita harus tahu semuanya bahwa gubernur akan menjadi komandan satgas daruratnya, secara otomatis. Dan juga Pangdam dan Kapolda yang terkait menjadi wakil komandan satgas untuk membantu gubernur,” katanya.

Tujuannya, kata Jokowi, agar setiap terjadi bencana tak melulu naik ke pemerintah pusat. Dia meminta semua pihak mengetahui hal tersebut.

“Jangan sedikit-sedikit naik ke pusat. Ini kita harus tahu semua,” tutur Jokowi.

Dia juga mmeinta dilakukan pembangunan peringatan dini terpadu yang berbasiskan rekomendasi dari pakar. Dia berharap pemerintah daerah bisa mulai membangun sistem peringatan dini terpadu tersebut.

“Nasional juga akan kita kerjakan itu. Di titik-titik mana, di tempat-tempat yang mana. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya minta Pak Doni, Kepala BNPB, untuk mengoordinasikan semua kementerian dan lembaga terkait agar sistem peringatan dini ini segera terwujud dan kita pelihara,” jelasnya.

Leave a Reply