Ketua Bawaslu Sulsel Bicara Netralitas dan Kongkalikong Penyelenggara Pemilu

Makassar, PANRITA.News – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel), Laode Arumahi berbicara, soal netralitas dan kongkalikong di acara Jaringan Demokrasi Indonesia (Jadi) Sulsel di Jalan Yusuf DG Ngawing, Kamis (10/1/2019).

Ketua Bawaslu Sulsel dua periode ini mengaku bertekad membangun kepercayaan publik yang berkualitas sebagai penyelenggara, khususnya Sulsel.

“Kita punya sejarah pelaksanaan pemilu yang harus sebagian di evaluasi. Tentu ada hal positif maupun negatif yang mempengaruhi kepercayaan publik,” kata Laode Arumahi.

Menurutnya, kepercayaan untuk publik memang harus dibangun dengan modal tiga pilar yakni kepercayaan penyelenggara, kepercayaan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) dan kepercayaan Pemilu itu sendiri.

“Ini saling berkaitan contohnya ketika penyelengara tidak netral dan melakukan kong kali kong dengan pemilu sendiri. Inilah yang mencipta tidak adanya kepercayaan publik,” ungkap alumnus Universitas Hasanuddin Makassar itu.

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Faisal Amir mengaku, dalam membangun kepercayaan publik, media memiliki perananan penting.

“Kepercayaan publik juga harus dimulai dari penyelenggara Pemilu yang jujur, adil dan baik. Inilah harus dimulai dari penyelenggara Pemilu yang berintegritas. Kalau ini sudah dilaksanakan maka akan meningkatkan kepercayaan publik,” pungkasnya.

Leave a Reply